Observasi yang dilakukan pada tanggal 15 September sampai 4 Oktober 2015 di SMP Negeri 23 Malang diperoleh hasil sebagai berikut. (1) Penerapan model pembelajaran belum optimal, hal ini dikarenakan…
Salah satu penyebab kurang antusias siswa belajar IPA karena kegiatan siswa belajar menggunakan bahan ajar berupa LKS (Lembar Kegiatan Siswa) yang berisi tentang soal-soal, belum ada petunjuk pembe…
Guru dalam pembelajarannya belum sepenuhnya menggunakan permasalahan sehari-hari untuk menemukan konsep matematika. Buku pegangan peserta didik dan LKPD yang diberikan cenderung pada materi, contoh…
Pentingnya penggunaan E-module pada perkembangan zaman saat ini mampu menjadikan suatu inovasi terbaru bagi pendidik hal ini dikarenakan e-modul dapat dijadikan sarana kemunikasi yang efektif dalam…
Fisika dipandang sebagai suatu proses dan sekaligus produk sehingga dalam pembelajarannya harus mempertimbangkan strategi atau metode pembelajaran yang salah satunya melalui kegiatan demonstrasi da…
Penelitian ini dibuat bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh problem based learning berbasis game kahoot terhadap kemandirian peserta didik dalam belajar (Studi Eksperimen pada Mata Pelaj…
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan berbagai permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik saat mempelajari materi lingkaran. Peserta didik sering mengalami kesulitan saat mencari keliling dan l…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pemahaman konsep belajar fisika ditinjau dari strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan strategi pembelajaran PBL. (2) pengaruh pemahama…
Strategi inkuiri terbimbing dan strategi problem based learning merupakan dua strategi pembelajaran yang dapat digunakan dalam pelajaran fisika terutama pada pemahaman konsep fisika, akan tetapi si…
Berdasarkan hasil oservasi, bahwa metode yang digunakan dalam pembelajaran fisika di kelas VII H SMP N 7 Malang sering menggunakan metode ceramah. Hal ini menyebabkan banyak siswa yang pasif, jaran…