Electronic Resource
Pengembangan Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Lingkaran Berdasarkan Teori Belajar Van Hiele
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan berbagai permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik saat mempelajari materi lingkaran. Peserta didik sering mengalami kesulitan saat mencari keliling dan luas lingkaran, tidak dapat membedakan antara jari-jari dan diameter, dan kesulitan saat memahami soal cerita. Untuk mengatasi permasalahan di atas perlu adanya modul yang dapat membantu peserta didik menyelesaikan permasalahan khususnya materi lingkaran. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan, kepraktisan dan keefektifan modul matematika berbasis problem based learning pada materi lingkaran berdasarkan teori belajar Van Hiele.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang memiliki lima tahap, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Teknik analisis yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VI SDN 5 Ngajum yang berjumlah 8 anak. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket. Angket yang digunakan meliputi angket ahli materi, media, bahasa, guru dan peserta didik.
Modul matematika berbasis problem based learning pada materi lingkaran berdasarkan teori belajar Van Hiele berdasarkan hasil validasi ahli materi sebesar 85% dengan kategori sangat layak, ahli media dengan skor 92,5% dengan kategori sangat layak, dan ahli bahasa dengan skor sebesar 91% dengan kategori sangat layak. Hasil persentase pada uji kepraktisan memperoleh skor sebanyak 88% dengan kategori sangat praktis. Efektivitas modul didapatkan berdasarkan respon siswa dengan memperoleh skor sebanyak 90,5% dengan kategaori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut maka modul matematika berbasis problem based learning pada materi lingkaran berdasarkan teori belajar Van Hiele sangat layak, praktis dan efektif digunakan untuk pembelajaran. Pendidik dapat menjadikan referensi untuk pembelajaran matematika khususnya pada materi lingkaran karena telah memenuhi kriteria sangat layak, sangat praktis dan sangat efektif.
21344821/SB/2022 | KKI 372 INT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain