Electronic Resource
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Guru dalam pembelajarannya belum sepenuhnya menggunakan permasalahan sehari-hari untuk menemukan konsep matematika. Buku pegangan peserta didik dan LKPD yang diberikan cenderung pada materi, contoh soal, dan latihan soal, peserta didik tidak diarahkan untuk menemukan konsep dari menyelesaikan soal yang berkaitan dengan permasalahan sehari-hari.
Penelitian pengembangan ini menghasilkan suatu produk media pembelajaran berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) untuk SMP kelas VIII. Tampilan materi awal LKPD disajikan dengan suatu permasalahan yang terarah dan harus dijawab oleh peserta didik. Penelitian ini juga menghasilkan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D, yaitu a) Analysis: analisis kebutuhan yang mana menunjukkan masih terbatasnya bahan ajar, dan peserta didik belum dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran, analisis kurikulum sesuai dengan Kurikulum 2013, dan analisis karakteristik peserta didik yang mana menunjukkan kesulitannya peserta dalam pemecahan masalah; b) Design: pengumpulan referensi, perancangan isi materi, penyusunan LKPD, dan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); c) Development: pembuatan media pembelajaran, validasi ahli untuk mengetahui kevalidan bahan ajar, dan merevisi produk tahap I berdasarkan masukan validator; d) Dissemination: Uji coba untuk memperoleh kelayakan dan keefektifan media.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian pengembangan adalah sebagai berikut: a) kevalidan dengan kriteria “sangat baik” sesuai berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli pembelajaran dengan skor masing-masing 3,56 dan 3,6; b) kelayakan dengan kriteria “sangat baik” berdasarkan angket respon guru dan angket respon peserta didik dengan skor masing-masing 3,57 dan 3,37; c) keefektifan dengan kriteria “baik” berdasarkan tes hasil belajar peserta didik dengan kategori tingkat ketuntasan 86,3%. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan kepada guru hendaknya menggunakan LKPD ini dalam pembelajaran di kelas sehingga peserta didik mampu memecahkan permasalahan matematis yang dapat menumbuhkembangkan pola pikir peserta didik terhadap pembelajaran matematika.
2129301/SB/2018 | KKI 510 WUL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain