Pandemi Covid-19 mampu mengakselerasi pendidikan pada era 21, dalam proses pembelajaran IPA peserta didik tidak hanya memperoleh fakta akan tetapi perlu adanya proses dan cara memperoleh suatu fakt…
Gaya mengajar secara online yang dilakukan guru saat proses pembelajaran secara tematik masih belum bervariasi dan cenderung monoton, sehingga diperlukan adanya gaya mengajar yang menarik dan menye…
Berdasarkan observasi yang saya lakukan di SDI Bene-Bene Peserta didik masih banyak menghadapi kendala dalam rangka menerapkan konsep-konsep pendidikan lingkungan hidup meskipun pembelajaran sudah …
Pandemi COVID-19 merupakan musibah yang memilukan seluruh penduduk bumi. Indonesia merupakan salah satu negara terdampak wabah menjadikan social distancing danphysical distancing sebagai kebijakan …
Guru dalam pembelajarannya belum sepenuhnya menggunakan permasalahan sehari-hari untuk menemukan konsep matematika. Buku pegangan peserta didik dan LKPD yang diberikan cenderung pada materi, contoh…
Salah satu penyebab LKPD belum mampu memotivasi peserta didik karena kurang menarik dan kurang efektif. Salah satu tuntutan dalam kurikulum 2013 yaitu pembelajaran dengan memadukan beberapa mata pe…
Lembar Kerja Peserta Didik adalah salah satu alat yang dipakai oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran sehingga menjadi lebih efektif dan efisien. Namun terkadang terdapat LKPD yang belum sesuai …
Berdasarkan hasil analisis pada proses pembelajaran guru tidak menggunakan bahan ajar yang menarik dimasa pendemi covid 19. Hal ini dapat mengakibatkan siswa yang belajar dari rumah merasa bosan da…
Proses pembelajaran matematika khususnya volume bangun ruang dalam kelas masih menggunakan bahan ajar cetak tanpa adanya pengembangan sehingga mengakibatkan peserta didik kurang interaktif dan kura…
Proses belajar mengajar masih menggunakan bahan ajar yang sudah ada dari pemerintah tanpa adanya pengembangan. Sehingga mengakibatkan siswa kurang antusias untuk belajar di masa pandemi covid-19. D…