Analisis terhadap hasil observasi di kelas X SMK PGRI SINGOSARI selama pembelajaran Fisika berlangsung, diperoleh kesimpulan bahwa siswa kelas X-TOI 2 menilai pelajaran fisika itu sulit dimengerti …
Fisika dipandang sebagai suatu proses dan sekaligus produk sehingga dalam pembelajarannya harus mempertimbangkan strategi atau metode pembelajaran yang salah satunya melalui kegiatan demonstrasi da…
Pembelajaran kooperatif disusun dalam sebuah usaha untuk meningkatkan partisipasi siswa, memfasilitasi siswa dengan pengalaman sikap kepemimpinan dan membuat keputusan dalam kelompok, serta memberi…
Dari hasil pengamatan atau observasi yang dilakukan di kelas V SDN Kebonsari 01 Kecamatan Sukun Kota Malang dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan model konvensional, yaitu pembelajaran d…
Bahasa Indonesia adalah Budaya berkomunikasi yang hidup dan harus dipelajari oleh setiap manusia.Berdasarkan observasi dan hasil wawancara dengan guru bidang studi Bahasa Indonesia di SDN Bandungre…
Pembelajaran PKn yang kurang menarik membuat siswa tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran dan pada akhirnya menghasilkan prestasi belajar yang kurang memuaskan. Oleh karena itu, perlu adany…
Berdasarkan nilai pretest kelas IV A SDN Tanjungrejo 2 Kecamatan Sukun Kota Malang, nilai pretest pada pelajaran IPS belum optimal. Hal ini disebabkan guru cukup merasa kewalahan dengan sikap siswa…
Tujuan penelitian ini adalah (1)Untuk mengetahui perbedaan penguasaan konsep siswa yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan siswa yang menggunakan model konvensional; (2)Untuk menget…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan aktivitas belajar siswa antara siswa yang belajar menggunakan model discovery learning berbasis flipped class dan siswa yang belajar mengguna…
Penelitian ini membahas hasil penelitian Penerapan Model Pembelajaran Number Head Togerher (NHT) Dalam Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Di SDN Bakalan Krajan 1 Malang. Pene…