Electronic Resource
Pengaruh Model Discovery Learning Berbasis Flipped Class Terhadap Aktivitas dan Peguasaan Konsep Siswa
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan aktivitas belajar siswa antara siswa yang belajar menggunakan model discovery learning berbasis flipped class dan siswa yang belajar menggunakan dengan discovery learning, (2) untuk mengetahui perbedaan penguasaan konsep antara siswa yang belajar menggunakan model discovery learning berbasis flipped class dan siswa yang belajar menggunakan dengan discovery learning, (3) untuk mengetahui ada interaksi antara model pembelajaran discoveri learning berbasis flipped class dengan aktivitas belajar terhadap penguasaan konsep siswa.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperiment dengan desain penelitian “posttest only control group design”, dan menggunakan analisis ANOVA 2 jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 02 Singosari Malang, serta sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol.
Hasil analisis yang diperoleh menunjukan bahwa: (1) ada perbedaan aktivitas belajar siswa antara siswa yang belajar menggunakan model discovery learning berbasis flipped class dan siswa yang belajar menggunakan dengan discovery learning, (2) ada perbedaan penguasaan konsep antara siswa yang belajar menggunakan model discovery learning berbasis flipped class dan siswa yang belajar menggunakan dengan discovery learning, (3) ada interaksi antara model pembelajaran discoveri learning berbasis flipped class dengan aktivitas belajar terhadap penguasaan konsep siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbasis flipped class terhadap aktivitas dan penguasaan konsep siswa.
2132630/SB/2020 | KKI 530 JEN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain