Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered heads Together Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IIA SDN Bandungrejosari I Kec. Sukun Kota Malang
Bahasa Indonesia adalah Budaya berkomunikasi yang hidup dan harus dipelajari oleh setiap manusia.Berdasarkan observasi dan hasil wawancara dengan guru bidang studi Bahasa Indonesia di SDN Bandungrejosari I Kec Sukun Kota Malang, diperoleh informasi bahwa hasil belajar sebagian besar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia tergolong masih rendah. Hasil belajar siswa menunjukkan masih banyak siswa yang sering mengikuti remidi karena skor yang diperoleh kurang memenuhi Standar Ketuntasan Minimum (SKM) yang di tetapkan oleh Sekolah. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan strategi pembelajaran yang tepat. Penelitian ini berdasarkan rumusan masalah “Apakah penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan aktivitas dan hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IIA SDN Bandungrejosari I Kec Sukun Kota Malang Tahun Pelajaran 2013/2014”. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IIA SDN Bandungrejosari I Kec Sukun Kota Malang Tahun pelajaran 2013/2014 melalui penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together yang melibatkan lebih banyak siswa dalam penelaan materi yang tercakup dalam suatu pembelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Data peneliti berupa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes pada setiap akhir siklus dan observasi aktivitas siswa dalam berkolaborasi dalam kelompoknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I skor rata – rata kelas sebesar 66 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal 56,09%, sedangkan pada siklus II skor rata – rata kelas meningkat menjadi 82 dengan presentase ketuntasan belajar secara klasikal 85,36%. Skor rata – rata kelas mengalami persentase peningkatan sebesar 16, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal mengalami persentase peningkatan sebesar 29,27%. Aktivitas siswa pada siklus I 71,42% dan siklus II 96,42 %. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IIA SDN Bandungrejosari I Kec Sukun Kota Malang.
2116875/SB/2014 | KKI 372 Wat p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain