Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMPNegeri 7 Malang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang belajar menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan siswa yang belajar menggunakan model Pembelajaran Konvensional, 2) Perbedaan prestasi belajar antara siswa yang belajar menggunakan model Problem
Based Learning (PBL) dengan siswa yang belajar menggunakan model Pembelajaran Konvensional, 3) interaksi antara model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar IPA siswa. Desain penelitian menggunakan Quasi experimental design dengan menggunakan
rancangan The Matching-only Postest-only control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Malang tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 68 siswa dengan rincian 34 siswa
sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis dan tes prestasi belajar siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) terdapat perbedaan
kemampuan berpikir kritis IPA antara siswa yang belajar menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvenional (Fhitung = 10.0131 > Ftabel 3.92 ; Sig = 0,05. 2) terdapat perbedaan prestasi belajar IPA antara siswa yang belajar menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional (Fhitung = 4.7149 > Ftabel 3.92 ; Sig = 0,05. 3) terdapat interaksi antara model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar IPA siswa (Fhitung = 4.2981 > Ftabel 3.92 ; Sig = 0,05. Kata kunci : Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Prestas
2129299/SB/2018 | KKI 530 KUR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain