Analisis terhadap hasil observasi di kelas X SMK PGRI SINGOSARI selama pembelajaran Fisika berlangsung, diperoleh kesimpulan bahwa siswa kelas X-TOI 2 menilai pelajaran fisika itu sulit dimengerti …
Pembelajaran kooperatif disusun dalam sebuah usaha untuk meningkatkan partisipasi siswa, memfasilitasi siswa dengan pengalaman sikap kepemimpinan dan membuat keputusan dalam kelompok, serta memberi…
Dari hasil pengamatan atau observasi yang dilakukan di kelas V SDN Kebonsari 01 Kecamatan Sukun Kota Malang dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan model konvensional, yaitu pembelajaran d…
Bahasa Indonesia adalah Budaya berkomunikasi yang hidup dan harus dipelajari oleh setiap manusia.Berdasarkan observasi dan hasil wawancara dengan guru bidang studi Bahasa Indonesia di SDN Bandungre…
Pembelajaran PKn yang kurang menarik membuat siswa tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran dan pada akhirnya menghasilkan prestasi belajar yang kurang memuaskan. Oleh karena itu, perlu adany…
Berdasarkan nilai pretest kelas IV A SDN Tanjungrejo 2 Kecamatan Sukun Kota Malang, nilai pretest pada pelajaran IPS belum optimal. Hal ini disebabkan guru cukup merasa kewalahan dengan sikap siswa…
Tujuan penelitian ini adalah (1)Untuk mengetahui perbedaan penguasaan konsep siswa yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan siswa yang menggunakan model konvensional; (2)Untuk menget…
Penelitian ini membahas hasil penelitian Penerapan Model Pembelajaran Number Head Togerher (NHT) Dalam Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Di SDN Bakalan Krajan 1 Malang. Pene…
SMP Negeri 4 Pakuniran Satu Atap Probolinggo terletak di daerah pegunungan dengan ketinggian kira-kira 1.750 Dpl, Potensi alamnya di daerah ini sangat bagus. Mata pencaharian masyarakat sekitar pad…
Berdasarkan hasil pra-survey di SDN Kraksaan Wetan II kelas V mata pelajaran IPA, diketahui bahwa guru dalam pembelajaran menggunakan metode pembelajaran klasik. Data dokumen hasil belajar IPA di k…