Electronic Resource
Penerapan LKPD berbasis PBL untuk meningkatkan HOTS siswa di Kelas 5 Sd Negeri 1 Sekarbanyu Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang
Berdasarkan permasalahan yang terjadi di kelas 5 Sd Negeri 1 Sekarbanyu
Kecamatan Sumbermanjing Wetan, hal yang menjadi hambatan dalam
pembelajaran Tema 3 Sub Makanan Sehat kurangnya minat belajar siswa. Hal ini
disebabkan semangat siswa dalam belajar masih kurang, Selain itu dalam
pelaksanaan pembelajaran belum mengunakan media yang pas sehingga
menyebabkan kurangnya siswa berfikir tingkat tinggi. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk meningkatkan HOTS siswa pada pembelajaran Tema 3 Makanan
Sehat dengan menerapkan LKPD berbasis Problem based learning pada kelas 5
SD Negeri 1 Sekarbanyu Kecamatan Sumbermanjinng Wetan Tahun Pelajaran
2022/2023. LKPD berbasis Problem Based Learning, sebagai bahan ajar dapat
dikatakan unggul pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien membuat proses
pembelajaran menjadi lebih menarik serta meningkatkan kualitas belajar siswa
dengan baik. Jenis penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan
Kelas. Dalam Penelitian Tindakan Kelas ini ada empat tahap meliputi : 1)
Perencanaan, 2) Pelaksanaan 3) Observasi, 4) Refleksi. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas 5 dengan jumlah 26 siswa.
Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa telah
mengalami peningkatan disiklus I 60,38% kemudian pada siklus II meningkat
menjadi 80,57%. Sehingga dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan 20,19%
maka pada siklus II dapat dikategorikan HOTS siswa meningkat. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan LKPD berbasis Problem
Based Learning dapat meningkatkan HOTS siswa kelas 5 Sd Negeri 1
Sekarbanyu Kecamatan Sumbermanjing Wetan Tahun Pelajaran 2022/2023.
| SB00590S | KKI 372 RAH p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain