Electronic Resource
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa SMP Negeri 26 Malang
Hasil observasi LKPD yang digunakan di SMP Negeri 26 Malang materi
yang dimuat masih belum mendorong siswa untuk menemukan masalah yang
dapat menumbuhkan pola berpikir kritis siswa. berdasarkan hasil observasi
tersebut maka solusi yang tepat adalah mengembangkan LKPD berbasis inkuiri
terbimbing. Inkuiri terbimbing dapat membantu siswa dalam meningkatkan
kemampuan berpikir kritis. Tahapan dalam inkuiri terbimbing yaitu, observasi,
merumuskan masalah dan hipotesis, mengumpulkan data dan menguji hipotesis,
serta menarik kesimpulan.
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian pengembangan ini mengacu pada
model pengembangan 4D yang terdiri dari a) Define, analisis kebutuhan yang
menunjukkan LKPD yang dipakai masih kurang menarik, dan materi yang
disajikan belum mendorong siswa dalam menemukan masalah yang dapat
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. b) Design, mengumpulkan
referensi, merancang LKPD, dan menyusun instrumen penilaian LKPD. c)
Development, validasi LKPD oleh ahli materi, ahli desain, dan ahli pembelajaran.
d) Dissemination, kelayakan dan keefektifan LKPD diperoleh dari angket respon
guru dan peserta didik serta hasil uji tes berpikir kritis peserta didik melalui uji
coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar.
Hasil dari penelitian dan pembahasan didapat, a) kevalidan LKPD
dinyatakan sangat valid berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli desain, dan
ahli pembelajaran dengan skor masing-masing 86,6%, 82,76%, dan 74,04%. b)
kelayakan LKPD dinyatakan sangat layak berdasarkan angket respon guru, angket
respon peserta dengan skor masing-masing 90%, dan 77,61%. c) keefektifan
LKPD dinyatakan sangat efektif berdasarkan hasil uji tes kemampuan berpikir
kritis dengan skor ketuntasan 80,95%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
LKPD yang dikembangkan berbasis inkuiri terbimbing berkualitas. Oleh karena
itu, disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian dengan
metode yang sama pada materi yang berbeda. Selain itu, untuk guru disarankan
menggunakan LKPD ini dalam proses pembelajaran guna membantu peserta didik
dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran matematika.
| SB00546S | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain