Pelajaran matematika dipandang sebagai bagian ilmu-ilmu dasar yang berkembang pesat baik isi maupun aplikasinya serta dapat menumbuhkan kemampuan siswa untuk berpikir kritis, sistematis, logis, kre…
Di kelas VII SMP PGRI 3 Malang, siswa menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit dimengerti dan salah satu mata pelajaran yang kurang disenangi. Hal ini mengakibatkan siswa tidak memperhati…
Dorotia Santi. 2013. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP PGRI 3 Malang “. Skripsi, Program Studi Pen…
Menurut hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan guru matematika MTs Al-Hamidiyah Gondanglegi Malang, bahwa pembelajaran yang selama ini digunakan adalah metode ceramah dan tanya jawab s…
Proses pembelajaran dengan suasana kelas berpusat pada guru dengan model konvensional membuat peserta didik cenderung pasif. Pada SMP Hanura Danga, model pembelajaran konvensional masih menjadi met…
Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan guru mata pelajaran matematika kelas VII MTs. SA Roudhotus Syifa’ Kalipare banyak peserta didik yang masih kesulitan dalam menyelesaikan soal mat…
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan lembar kerja peserta didik (LKPD) bercirikan penemuan terbimbing pada materi trigonometri untuk kelas X SMA. Materi trigonometri memerlukan pemahaman…
Kemampuan komunikasi matematis dapat dikembangakan melalui model pembelajaran yang tepat. Salah satunya menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE). Model Pembelajaran S…
Kemampuan pemecahan masalah matematika adalah kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui, ditanyakan, mampu menyusun model matematika dapat memilih stategi pemecahan dan mampu memeriksa …
Penalaran merupakan keterampilan penting yang harus dimiliki oleh peserta didik, karena dengan bernalar peserta didik mampu menyelesaikan masalah matematika dengan proses berpikir atau alur bernala…