Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis Kemampuan Penalaran Matematis 
Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning di
SMPN 03 Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang

Electronic Resource

Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning di SMPN 03 Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang

Alivia Wijiananda Putri - Nama Orang; Dra. Retno Marsitin, M.Pd - Nama Orang; Riski Nur Istiqomah D, M.Si. - Nama Orang;

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.
Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 03 Sumbermanjing Wetan pada semester
genap 2023/2024. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VIII B sebanyak 24
peserta didik yang diambil dengan cara memeriksa hasil pekerjaannya berdasarkan
skor yang diperoleh, kemudian di 6 peserta didik berdasarkan kategori tinggi,
sedang, dan rendah, dengan masing-masing 2 peserta didik untuk dijadikan subjek
wawancara. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, wawancara
dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu mereduksi data dengan
tahapan mengoreksi atau menganalisis hasil tes yang mengacu pada indikator
penalaran matematis yaitu 1) Melakukan manipulasi matematika; 2) Kemampuan
menyajikan pernyataan matematika secara tertulis, diagram atau gambar; 3)
Menyusun dan memberikan alasan terhadap kebenaran solusi; 4) Menarik
kesimpulan pernyataan secara logis. Keabsahan temuan dengan triangmulasi
metode dengan membandingkan data dari hasil tes, wawancara dan dokunmentasi.
Hasil penelitian ini yaitu; 1) Hasil validasi soal dari validator yaitu soal valid
dengan skor rata-rata 36 dan dapat digunakan dengan revisi; 2) Hasil tes
menunjukkan 4 peserta didik kemampuan tinggi, 15 peserta didik kemampuan
sedang dan 5 peserta didik pada kemampuan rendah; 3) Rata-rata peserta didik
mampu menjawab soal tes sesuai dengan indikator penalaran matematis, antara
lain: a) Melakukan manipulasi matematika, pada indikator ini kemampuan peserta
didik dalam menyelesaikan soal tes sebanyak 5 dari 6 subjek pada soal nomor 1
yaitu subjek FDF, FA, IPS, MSK, dan MEA, sebanyak 5 dari 6 subjek pada soal
nomor 2 yaitu subjek FDF, FA, MSK, MEA, dan MADH, dan sebanyak 5 dari 6
subjek pada soal nomor 3 yaitu subjek FDF, FA, IPS, MSK, dan MADH. b)
Kemampuan menyajikan pernyataan matematika secara tertulis, diagram atau
i
ii
gambar, pada indikator ini kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal tes
sebanyak 6 dari 6 subjek pada soal nomor 1 yaitu subjek FDF, FA, MSK, IPS,
MADH, dan MEA, sebanyak 3 dari 6 subjek pada soal nomor 2 yaitu subjek FDF,
FA dan MSK, dan sebanyak 3 dari 6 subjek pada soal nomor 3 yaitu subjek FDF,
FA dan IPS. c) Menyusun dan memberikan alasan terhadap kebenaran solusi, pada
indikator ini peserta didik dalam menyelesaikan soal tes sebanyak 4 dari 6 subjek
yaitu subjek FDF, FA, IPS dan MSK, sebanyak 2 dari 6 subjek pada soal nomor 2
yaitu subjek FDF dan FA, dan sebanyak 2 dari 6 subjek pada soal nomor 3 subjek
yaitu subjek FDF, FA, IPS dan MSK. d) Menarik kesimpulan logis, pada indikator
ini kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal tes sebanyak 2 dari 6 subjek
pada soal nomor 1 yaitu subjek FDF dan FA, sebanyak 2 dari 6 subjek pada soal
nomor 2 yaitu subjek FDF dan FA, dan sebanyak 2 dari 6 subjek pada soal nomor
3 yaitu subjek FDF dan FA.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kemampuan penalaran matematis peserta
didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning yaitu mengalami
peningkatan karena mendapatankan nilai rata-rata sebesar 79,1%. Bagi peneliti
selanjutnya diharapkan lebih mandalami pembahasan mengenai penyebab
kurangnya kemampuan penalaran matematis pada peserta didik yang belum dibhas
dalam penelitian ini.


Ketersediaan
SB00463SKKI 510 PUT a/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 PUT a/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2023
Deskripsi Fisik
viii, 88hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
Problem Based Learning
Kemampuan Berpikir Kritis
Penalaran matematis
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik