Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discorery Learning Pada Materi Teorema Pythagoras

Electronic Resource

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discorery Learning Pada Materi Teorema Pythagoras

Kartika Mayangsari - Nama Orang; Nyamik Rahayu Sesanti, S.Pd, M.Pd - Nama Orang; Dra. Retno Marsitin, M.Pd - Nama Orang;

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sangatlah penting untuk
pembelajaran matematika, guru dapat menyiapkan LKPD yang sesuai dengan
kondisi di sekolah sehingga peserta didik dapat mendapatkan hasil yang maksimal
untuk pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
kelayakan, keefektifan, dan kepraktisan LKPD pembelajaran matematika berbasis
discovery learning materi teorema Pythagoras.
Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-D dan VIII
E SMP Negeri 3 Kepanjen tahun pelajaran 2019/2020. Uji coba kelompok kecil
terdiri dari 9 peserta didik dan uji coba kelompok besar terdiri dari 30 peserta didik.
Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and
Development). Model pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang
memiliki kepanjangan Analysis (Analisis), Design (Desain), Development
(Pengembangan), Implementation (Penerapan), Evaluation (Evaluasi). Teknik
analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif
kualitatif dan kuantitatif. Validasi dilakukan oleh tiga validator yaitu validator
materi, desain, dan pembelajaran. Instrumen penelitian ini yaitu angket respon
peserta didik untuk hasil kelayakan, hasil tes untuk hasil keefektifan dan lembar
observasi pembelajaran untuk hasil kepraktisan.
Rata-rata hasil analisis data validasi ahli materi adalah 3,4 sedangkan
ahli desain adalah 3,48 dan ahli pembelajaran adalah 3,7 yang termasuk pada
kategori “sangat valid” dengan revisi. Hasil analisis data kelayakan dapat dinilai
dari hasil skor angket respon guru dan peserta didik, rata-rata hasil annalisis data
kelayakan pada uji kelompok kecil berturut-turut adalah 3,66 dan 3,63 sedangkan
pada kelompok besar berturut-turut adalah 3,3 dan 3,68 yang termasuk LKPD
dengan kategori “sangat layak”. Hasil analisis data keefektifan dapat dilihat dari
nilai tes peserta didik, rata-rata hasil analisis data keefektifan pada uji kelompok
kecil dan kelompok besar secara berturut-turut adalah 90,89 dan 94,03 yang
termasuk LKPD dengan kategori “sangat efektif”. Hasil analisis data kepraktisan
dapat dilihat dari lembar observasi pembelajaran guru dan peserta didik, rata-rata
hasil analisis data kepraktisan pada uji kelompok kecil secara berturut-turut adalah
3,74 dan 3,67, sedangkan pada kelompok besar berturut-turut adalah 3,74 dan 3,67
yang termasuk LKPD dengan kategori “sLembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sangatlah penting untuk
pembelajaran matematika, guru dapat menyiapkan LKPD yang sesuai dengan
kondisi di sekolah sehingga peserta didik dapat mendapatkan hasil yang maksimal
untuk pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
kelayakan, keefektifan, dan kepraktisan LKPD pembelajaran matematika berbasis
discovery learning materi teorema Pythagoras.
Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-D dan VIII
E SMP Negeri 3 Kepanjen tahun pelajaran 2019/2020. Uji coba kelompok kecil
terdiri dari 9 peserta didik dan uji coba kelompok besar terdiri dari 30 peserta didik.
Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and
Development). Model pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang
memiliki kepanjangan Analysis (Analisis), Design (Desain), Development
(Pengembangan), Implementation (Penerapan), Evaluation (Evaluasi). Teknik
analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif
kualitatif dan kuantitatif. Validasi dilakukan oleh tiga validator yaitu validator
materi, desain, dan pembelajaran. Instrumen penelitian ini yaitu angket respon
peserta didik untuk hasil kelayakan, hasil tes untuk hasil keefektifan dan lembar
observasi pembelajaran untuk hasil kepraktisan.
Rata-rata hasil analisis data validasi ahli materi adalah 3,4 sedangkan
ahli desain adalah 3,48 dan ahli pembelajaran adalah 3,7 yang termasuk pada
kategori “sangat valid” dengan revisi. Hasil analisis data kelayakan dapat dinilai
dari hasil skor angket respon guru dan peserta didik, rata-rata hasil annalisis data
kelayakan pada uji kelompok kecil berturut-turut adalah 3,66 dan 3,63 sedangkan
pada kelompok besar berturut-turut adalah 3,3 dan 3,68 yang termasuk LKPD
dengan kategori “sangat layak”. Hasil analisis data keefektifan dapat dilihat dari
nilai tes peserta didik, rata-rata hasil analisis data keefektifan pada uji kelompok
kecil dan kelompok besar secara berturut-turut adalah 90,89 dan 94,03 yang
termasuk LKPD dengan kategori “sangat efektif”. Hasil analisis data kepraktisan
dapat dilihat dari lembar observasi pembelajaran guru dan peserta didik, rata-rata
hasil analisis data kepraktisan pada uji kelompok kecil secara berturut-turut adalah
3,74 dan 3,67, sedangkan pada kelompok besar berturut-turut adalah 3,74 dan 3,67
yang termasuk LKPD dengan kategori “sangat praktis”. Berdasarkan uji coba
diperoleh kesimpulan bahwa LKPD berbasis discovery learning efektif, layak, dan
praktis digunakan dalam pembelajaran matematika.angat praktis”. Berdasarkan uji coba
diperoleh kesimpulan bahwa LKPD berbasis discovery learning efektif, layak, dan
praktis digunakan dalam pembelajaran matematika.


Ketersediaan
21345254/PB/2022KKI 510 MAY p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 MAY p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2020
Deskripsi Fisik
xv, 141hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
LKPD
Keefektifan Kelayakan
Kepraktisan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik