Electronic Resource
Perbedaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Malang
Model pembelajaran project based learning (PjBL) merupakan model pembelajaran yang berbasis proyek dan berpusat kepada siswa, sedangkan model konvensional merupakan model pembelajaran yang berpusat pada guru. Model pembelajaran dalam penelitian ini menekankan pada pembelajaran memecahkan masalah dan kemandirian belajar yang dilakukan dengan teknik daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL) dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, (2) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi dan rendah pada pembelajaran project based learning (PjBL) dan konvensional, (3) Interaksi antara model pembelajaran project based learning (PjBL) dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasy experiment. Teknik sampel dalam yang digunakan adalah random sampling, dengan rancangan penelitiannya adalah post – test only control group design. Dalam penelitian ini menggunakan 2 kelompok (kelas) yaitu kelompok (kelas) eksperimen dan kelompok (kelas) control. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Malang Tahun pelajaran 2019/2020. Penentuan sampel menggunakan random sampling dan diperoleh jumlah sebanyak 63 siswa.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Tidak ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL) dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional (nilai sig. 0,122 > 0,05). (2) Tidak ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi dan rendah pada pembelajaran project based learning (PjBL) dan konvensional (nilai sig. 0,526 > 0,05). (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran project based learning (PjBL) dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah (nilai sig. 0,921 > 0,05).
2132871/SB/2021 | KKI 530 MAY p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain