Adanya soal pemecahan masalah pada buku matematika K13 yakni sebesar 33,64% tidak selaras dengan kemampuan pemecahan masalah peserta didik di Indonesia yang terbilang rendah menurut survei PISA. Ta…
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal yang dilakukan pada beberapa siswa SMP yang menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa masih belum optimal. Berawal dari hasil te…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model Model Pembelajaran Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Dari Ketrampilan Proses Fisika SMK Muhammadiyah…
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, (2) untuk mengetahui model …
Model pembelajaran project based learning (PjBL) merupakan model pembelajaran yang berbasis proyek dan berpusat kepada siswa, sedangkan model konvensional merupakan model pembelajaran yang berpusat…
Penelitian ini bertujuan untuk untuk (1) Mengetahui kemampuan pemecahan masalah peserta didik terhadap materi usaha dan enegi (2) Mengetahui peningkatan dan perbedaan kemampuan pemecahan masalah pe…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa, ada interaksi antara pembelajaran Brain Based Learning (BBL) berbasis multirepresentasi dan kemampuan awal siswa terhada…
Kurangnya Kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik merupakan salah satu penyebab rendahnya nilai kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Selain itu, pemilihan media pembelajaran yang…
Berdasarkan hasil observasi pada kelas VII SMP PGRI 04 Kalipare masih terdapat kesalahan para peserta didik dalam mengerjakan soal kemampuan pemecahan masalah. Kesalahan yang dilakukan oleh peserta…
Penelitian ini bertujuan untuk melihat adakah pengaruh model pembelajaran Knisley untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konseptual siswa pada materi lingkaran. Model pembelajaran Knisley dirancang…