Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII B Di SMP Negeri 2 Wagir
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, (2) untuk mengetahui model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan pemecahan masalah siswa.
Penelitian ini merupakan Peneilitian Tindakan Kelas . Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Wagir yang berjumlah 32 siswa. Prosedur penelitian (a) Perencanaan, (b) Tindakan, (c) Pengamatan, (d) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kualitas pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discoevry learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah sisiwa dengan persentase keterlaksanaan pada siklus I sebesar 80,01% dan pada siklus II sebesar 93,90%. (2) proses pembelajaran dengan meningkatkan kemampuan pemcahan masalah siswa ditinjau dari aspek indikator yakni pada siklus I sebesar 61,75% dan pada siklus II sebesar 77,25% . Hal ini disebabkan pada siklus I masih banyak siswa yang siswa yang tidak merespon guru pada saat pembelajaran. Merespon guru seperti menjawab pertanyaan dari guru dan instruksi mengerjkan soal atau tugas-tugas. Pada saat diminta untuk mengerjakan soal masih banyak siswa yang tidak mengerjakan soal, dan masih takut untuk menjawab pertanyaan dari guru, karena jawabannya salah, akan tetapi semua itu dapat diatasi dengan memberikan arahan kepada siswa, sehingga pada akhirnya situasi menjadi lebih hidup dan siswa lebih aktif dalam mengerjkan soal yang diberikan oleh guru.
2132843/SB/2021 | KKI 530 MER p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain