Metode pembelajaran inkuiri terbimbing dan bebas merupakan metode yang memberikan keleluasaan kepada siswa untuk menemukan sendiri jawaban dari permasalahan yang dihadapi. Sehingga mendorong siswa …
Penelitian ini dibuat bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh problem based learning berbasis game kahoot terhadap kemandirian peserta didik dalam belajar (Studi Eksperimen pada Mata Pelaj…
Berdasarkan hasil observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran fisika di kelas XI MIA 1 dan XI MIA 3, siswa kurang bisa menerima metode pembelajaran yang di terapkan oleh guru. Yang kurang melibatka…
Model pembelajaran project based learning (PjBL) merupakan model pembelajaran yang berbasis proyek dan berpusat kepada siswa, sedangkan model konvensional merupakan model pembelajaran yang berpusat…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah modul pembelajaran berbasis Learning Cycle 5E yang digunakan efektif meningkatkan Kemandirian dan penguasaan konsep siswa. Model yang digunakan dala…
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dalam bentuk penelitian eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan tehnik Cluster random sampling. Sampel yang dipilih adalah kelas VII H yan…
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses belajar agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi pada dirinya. Pendidikan dalam artian lua…
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara siswa yang belajar menggunakan model blended learning menggunakan schoology dengan siswa yang belajar menggun…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan prestasi belajar fisika siswa yang menggunakan Problem Based Learning berbasis Hybrid Learning (PBL-HL) dan Problem Based Learning (PBL); …
Keberhasilan dalam pembelajaran dapat ditunjukan dengan adanya berbagai hal, yang diantaranya adanya motivasi belajar, kemandirian belajar dan hasil belajar yang baik. Terdapat banyak faktor yang m…