Electronic Resource
Pengaruh Inkuiri Terbimbing Dan Inkuiri Bebas Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pada Materi Getaran, Gelombang Dan Bunyi Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Tahun Pelajaran 2015/2016
Metode pembelajaran inkuiri terbimbing dan bebas merupakan metode yang memberikan keleluasaan kepada siswa untuk menemukan sendiri jawaban dari permasalahan yang dihadapi. Sehingga mendorong siswa untuk menimbulkan kemandirian belajar didalam pembelajarannya dan juga akan memberikan wawasan baru yang dihadapi dalam proses pembelajaran serta melatih pengetahuan yang mengarahkan ke pemahaman konsep fisika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perbedaan pemahaman konsep fisika, antara siswa yang menggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode pembelajaran inkuiri bebas; (2) Perbedaan pemahaman konsep fisika siswa yang mempunyai kemandirian belajar tinggi dengan siswa yang mempunyai kemandirian belajar rendah; (3) Interaksi antara metode pembelajaran inkuri terbimbing dan metode pembelajaran inkuiri bebas terhadap pemahaman konsep fisika ditinjau dari kemandirian belajar siswa
Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental dengan rancangan posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ dan XI TKR SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Tahun Pelajaran 2015/2016. Penentuan sampel dengan teknik puposive sampling dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 67 siswa. Nilai pemahaman konsep fisika siswa diperoleh dari hasil tes, sedangkan tingkat kemandirian belajar siswa diperoleh dari hasil kuisioner kemandirian belajar. Keduanya diperoleh setelah semua sampel tersebut diberi perlakuan. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji anova pada taraf signifikansi 5% dengan bantuan program SPSS 16 for windows.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh sebagai berikut : (1) ada perbedaan pemahaman konsep fisika menggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dan metode inkuiri bebas (0,011 0,05).
2125327/SB/2017 | KKI 530 DER p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain