Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Basd Learning Berbasis flipped class Terhadap prestasi Belajar ditinjau dari Motivasi Belajar siswa
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui adanya perbedaan prestasi belajar siswa yang belajar melalui model pembelajaran PBL berbasis Flipped Class dengan siswa yang belajar melalui model pembelajaran konvensional; 2) Mengetahui adanya perbedaan prestasi belajar antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah; 3) Mengetahui interaksi antara model pembelajaran PBL berbasis Flipped Class dengan motivasi terhadap prestasi belajar
siswa.Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan posttest only control group design, dan menggunakan analisis ANOVA 2 Jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 2 Singosari, serta sampel yang digunakan adalah siswa kelas X Rpl 1 dan X Mm 2 dengan jumlah 68 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Ada perbedaan prestasi belajar siswa yang belajar melalui model pembelajaran PBL berbasis Flipped Class dengan siswa yang belajar melalui model pembelajaran konvensional. Dengan taraf signifikansi yang diperoleh 0.00 < 0.05 dan nilai rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut sebesar 86 dan 83. (2) Ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Taraf signifikansi yang diperoleh adalah 0.01 3.91. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berbasis Flipped Class dan Motivasi belajar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
2132204/SB/2020 | KKI 530 SIN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain