Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika dinyatakan bahwa meskipun di SMP Negeri 10 Malang sudah menerapkan Kurikulum 2013, namun pada umumnya proses belajar mengajar fisika dik…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pemahaman konsep belajar fisika ditinjau dari strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan strategi pembelajaran PBL. (2) pengaruh pemahama…
Strategi inkuiri terbimbing dan strategi problem based learning merupakan dua strategi pembelajaran yang dapat digunakan dalam pelajaran fisika terutama pada pemahaman konsep fisika, akan tetapi si…
Berdasarkan observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran fisika di SMPN 2 Singosari guru sering menggunakan metode ceramah. Sehingga sebagian besar siswa menganggap pelajaran fisika itu sulit dan pa…
Model pembelajaran discovery learning dan problem based learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang sudah tercantum pada kurikulum 2013. Model pembelajaran ini menekankan pada penemuan konsep …
Tujuan penelitian ini adalah (1)Untuk mengetahui perbedaan penguasaan konsep siswa yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan siswa yang menggunakan model konvensional; (2)Untuk menget…
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui kualitas proses keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Think Talk Write dalam meningkatkan Keaktifan dan Prestasi belajar …
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model Model Pembelajaran Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Dari Ketrampilan Proses Fisika SMK Muhammadiyah…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Solving berbasis demonstrasi dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adal…
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) perbedaan penguasaan konsep Fisika antara siswa yang belajar menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbasis asesmen kinerja dengan siswa yan…