Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Pair Check Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP NU Giri Kepanjen

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Pair Check Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP NU Giri Kepanjen

Miftahul ilmi - Nama Orang; Yuniar Ika Putri Pranyata, M.Pd - Nama Orang; Drs. Wignyo Winarko, S.T.,M.Pd - Nama Orang;

Pembelajaran di sekolah cenderung menggunakan metode ceramah dan
masih mengacu kepada teacher centered sehingga konsep-konsep akademik sulit
dipahami oleh peserta didik dan peserta didik menjadi kurang aktif karena tidak terlibat langsung dalam proses belajar mengajar dan hal tersebut menyebabkan kurangnya hasil belajar peserta didik pada pelajaran matematika.
Ada banyak model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran di dalam kelas, salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check. Model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check adalah model pembelajaran berpasangan yang menuntut kemandirian dan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan persoalan yang diberikan. Hasil belajar merupakan kemampuan-kemampuan yang dimiliki peserta didik setelah mengikuti proses belajar mengajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP NU Sunan Giri Kepanjen. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak
56 peserta didik yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperiment) menggunakan metode Nonequivalen control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Analisis data dalam penelitian ini berupa pengujian instrumen yang terdiri dari validasi instrumen dan uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Independent Sample T-Test.
Hasil penelitian diperoleh bahwa dari pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP NU Sunan Giri Kepanjen. Saran bagi guru matematika agar model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check digunakan sebagai salah satu alternatif khususnya agar hasil belajar peserta didik menjadi lebih baik.


Ketersediaan
2130205/SB/2019KKI 510 ILM p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 ILM p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
vii, 145 hlm, 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Skripsi
model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik