Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Pair Check Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP NU Giri Kepanjen
Pembelajaran di sekolah cenderung menggunakan metode ceramah dan
masih mengacu kepada teacher centered sehingga konsep-konsep akademik sulit
dipahami oleh peserta didik dan peserta didik menjadi kurang aktif karena tidak terlibat langsung dalam proses belajar mengajar dan hal tersebut menyebabkan kurangnya hasil belajar peserta didik pada pelajaran matematika.
Ada banyak model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran di dalam kelas, salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check. Model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check adalah model pembelajaran berpasangan yang menuntut kemandirian dan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan persoalan yang diberikan. Hasil belajar merupakan kemampuan-kemampuan yang dimiliki peserta didik setelah mengikuti proses belajar mengajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP NU Sunan Giri Kepanjen. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak
56 peserta didik yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperiment) menggunakan metode Nonequivalen control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Analisis data dalam penelitian ini berupa pengujian instrumen yang terdiri dari validasi instrumen dan uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Independent Sample T-Test.
Hasil penelitian diperoleh bahwa dari pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP NU Sunan Giri Kepanjen. Saran bagi guru matematika agar model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check digunakan sebagai salah satu alternatif khususnya agar hasil belajar peserta didik menjadi lebih baik.
2130205/SB/2019 | KKI 510 ILM p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain