Siswa masih kesulitan membedakan determinan dan invers matriks. Tidak hanya itu, siswa juga mengalami kesulitan dalam perhitungan operasi matriks. Guru hanya menggunakan aplikasi google lassroom da…
Pembelajaran di sekolah cenderung menggunakan metode ceramah dan masih mengacu kepada teacher centered sehingga konsep-konsep akademik sulit dipahami oleh peserta didik dan peserta didik menjadi …
Peserta didik menganggap matematika merupakan pelajaran yang sangat sulit. Hal ini dibuktikan pada proses pembelajaran peserta didik kurang aktif. Ini sangat berpengaruh pada minat belajar matemati…
Ilmu pendidikan yang sangat berkembang pesat pada saat ini tidak lepas dari pendidikan yang dipelajari maupun sekolah ataupun belajar secara otodidak oleh setiap orang untuk memiliki pengetahuan te…
Peserta didik dalam pembelajaran matematika masih memiliki kemampuan berpikir kritis rendah didasarkan pada hasil ujian sebelumnya yaitu banyak peserta didik mendapat nilai dibawah KKM (75) yaitu …
Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah siswa diharapkan mampu mengkomunikasikan gagasan untuk memperjelas masalah atau keadaan. Berdasarkan tujuan tersebut, maka guru diharapkan mampu men…
Pendidikan formal dianggap lebih penting dan menjadi yang paling utama. Sekolah yang menerapkan pelajaran menghafal Al-Qur’an sebagai kurikulum mungkin terbatas hanya di sekolah Islam atau pesant…
Sebagian besar siswa menganggap bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit, sehingga siswa kurang termotivasi untuk mempelajari matematika. Hal tersebut berujung pada kurangnya pemahaman siswa…
Kurangnya minat belajar siswa terhadap pelajaran matematika sekarang banyak terjadi di sekolah. Hasil observasi di kelas VII SMP Katolik Yohanes Gabriel Kesamben diketahui bahwa minat belajar matem…
Penelitian ini bertujuan untuk melihat adakah pengaruh model pembelajaran Knisley untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konseptual siswa pada materi lingkaran. Model pembelajaran Knisley dirancang…