Electronic Resource
Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Problem Based-Learning Pada Topik Keseimbangan Dan Dinamika Rotasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMA
Kemampuan pemecahan masalah siswa saat ini rendah, sedangkan pendidi-kan abad 21 mengharapkan siswa mampu menjadi seorang penyelidik dan peme-cah masalah agar mampu bersaing pada abad 21. Modul yang digunakan siswa SMAN 6 Malang saat ini kurang mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dan tidak dapat digunakan untuk belajar mandiri oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan modul fisika berbasis problem based learning pada topik keseimbangan dan dinamika rotasi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa SMA, mengetahui bagaimana kelayakannya serta respon siswa terhadap modul tersebut.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Prosedur penelitian yang digunakan memanfaatkan modifikasi dari langkah-langkah penelitian yang dikemukakan oleh Borg & Gall. Borg & Gall menyatakan bahwa terdapat sepuluh langkah pelaksanaan strategi penelitian dan pengembangan, namun dalam penelitian ini hanya mengambil lima langkah awal saja, yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan awal, dan merevisi hasil uji coba. Modul diuji kelayakan dan kesesuaian modul menggunakan angket validasi dan angket respon siswa.
Hasil penelitian ini, yaitu sebuah modul fisika berbasis PBL pada topik keseimbangan dan dinamika rotasi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa SMA. Kelayakan modul pembelajaran fisika berbasis PBL menurut ahli materi, ahli media dan guru fisika SMA untuk komponen isi, penyajian dan bahasa memiliki kriteria sangat valid dengan presentase masingmasing sebesar 94,8%, 95%, dan 88,5%. Respon siswa terhadap modul fisika berbasis PBL pada uji coba terbatas diperoleh presentase sebesar 91% dan 91,25% pada komponen isi dan tampilan modul.
2125729/SB/2017 | KKI 530 RIS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain