Electronic Resource
Pengembangan Modul Fisika Berbasis Learning Cycle (LC) Pada Pokok Bahasan Dinamika Rotasi Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Mandiri Siswa Kelas XI SMAK Freteran Malang
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menghasilkan modul fisika berbasis Learning Cycle dengan materi Dinamika Rotasi, 2) Menganalisis kelayakan modul fisika berbasis Learning Cycle dengan materi Dinamika Rotasi sebagai upaya meningkatkan kemampuan belajar mandiri siswa, dan 3) Menganalisis efektifitas modul fisika berbasis Learning Cycle dengan materi Dinamika Rotasi dalam meningkatkan kemampuan belajar mandiri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk modul pembelajaran fisika dengan pendekatan model pengembangan Borg & Gall, dengan 5 (lima) langkah utama yaitu, melakukankan analisis produk yang akan dikembangkan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk dan uji coba lapangan besar dan produk terakhir. Modul pembelajaran ini divalidasi oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 1 guru SMA kemudian diuji cobakan pada 8 siswa kelas XI IPA dan 15 siswa kelas XI IPA SMA Katolik Frateran Malang. Data dikumpulkan dengan angket skala 4. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa Modul
Pembelajaran Fisika Berbasis Learning Cycle pada Pokok Bahasan Dinamika Rotasi sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Mandiri Siswa Kelas XI SMA Katolik Frateran Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran ini secara keseluruhan layak sebagai bahan ajar. Hal ini ditunjukkan oleh hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan guru SMA dikategorikan baik (layak). Tahap pengujian dilakukan di SMA Katolik Frateran Malang yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan produk bahan ajar dalam meningkatkan hasil belajar fisika siswa dan mengetahui kelayakan produk tersebut. Tanggapan siswa terhadap produk bahan ajar diperoleh melalui angket dan dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis memberikan gambaran bahwa baik aspek tampilan, penyajian materi, dan manfaat memperoleh tanggapan dengan rata-rata penilaian pada kategori tinggi, sehingga produk ini layak digunakan dalam pembelajaran fisika pada pokok bahasan dinamika rotasi di tingkat SMA.
2125719/SB/2017 | KKI 530 TAB p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain