Berdasarkan hasil oservasi, bahwa metode yang digunakan dalam pembelajaran fisika di kelas VIII C SMPN 12 Malang sering menggunakan metode ceramah. Hal ini menyebabkan pemahaman konsep sangat renda…
Model pembelajaran Problem Based Learning dan inkuiri terbimbing dipilih karena merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung dan merupakan model pembelajaran kontuktivisme yan…
Rendahnya prestasi belajar fisika dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya anggapan pelajran fisika sulit, media pembelajaran kurang variatif dan model pembelajaran kurang variatif dan inova…
Lemahnya pemahaman konsep fisika disebabkan karena proses pembelajaran yang masih bersifat teacher center melalui metode ceramah. Merujuk pada teori para ahli dan penelitian terdahulu, peneliti men…
Berdasarkan hasil observasi, Berdasarkan hasil observasi, bahwa metode yang di gunakan dalam pembelajaran fisika di SMP PGRI 06 Malang sering menggunakan metode ceramah, demonstrasi dan eksperimen …
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan berpikir kritis antara pembelajaran inkuiri dengan konvensional (2) perbedaan peningkatan berpikir kritis antara siswa yang memiliki motivas…
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kualitas pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VIII B SMPN 5 Kepanjen t…
Tujuan meningkatkan prestasi belajar siswa yang diukur dalam penelitian ini yaitu: (1) mengidentifikasi data yang diperlukan, (2) menerapkan strategi yang tepat untuk meningkatkan prestasi belaja…
Penelitian ini dilakukan dengan maksud (1) mengetahui perbedaan miskonsepsi terhadap peserta didik yang memakai model pembelajaran DL dan model pembelajaran konvensional (2) mengetahui hubungan dar…
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk membuktikan bahwa ada perbedaan keterampilan proses antara siswa yang mengikuti model Contextual Teaching and Learning Berbasis Multirepresentasi dengan s…