Electronic Resource
Penerapan Model Pembejaran Problem based Learning Berbasis Demontrasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII C SMP 3 Kepanjen Tahun Ajaran 2015/2016
Fisika dipandang sebagai suatu proses dan sekaligus produk sehingga dalam pembelajarannya harus mempertimbangkan strategi atau metode pembelajaran yang salah satunya melalui kegiatan demonstrasi dan praktek. Problem based learning merupakan pembelajaran yang diperoleh melalui proses menuju pemahaman akan resolusi suatu masalah.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kualitas penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIIIC SMP Negeri 3 Kepanjen (2) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar fisika siswa setelah penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis demonstrasi (3) Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar fisika siswa setelah penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis demonstrasi.
Berdasarkan analisis penelitian hasil Keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I 85.3% berada pada kualifikasi baik dan pada siklus II 94,1% berada pada kualifikasi sangat baik. Dari persentasi aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 62,7% berada pada kualifikasi cukup baik, sedangkan pada siklus II 77,2% berada pada kualifikasi baik. Dari data persentasi keterlaksanaan pembelajaran dan keaktifan siswa dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan.
Model pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis demonstrai dapat meningkatkan prestasi belajar fisika, ini dilihat dari prestasi belajar rata-rata pada siklus I adalah 75,1 berada pada kualifikasi baik sedangkan pada siklus II 80,1 berada pada kualifikasi baik. Di lihat dari persentasi ketuntasan belajar pada siklus I 77,1%, dan siklus II 86,1% mengalami peningkatan.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penelitian Model pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis demonstrai dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIIIC SMP Negeri 3 Kepanjen
2124569/SB/2017 | KKI 530 KOL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain