Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembejaran Problem based Learning Berbasis Demontrasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII C SMP 3 Kepanjen Tahun Ajaran 2015/2016

Electronic Resource

Penerapan Model Pembejaran Problem based Learning Berbasis Demontrasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII C SMP 3 Kepanjen Tahun Ajaran 2015/2016

Mikhael Kolo - Nama Orang; Akhmad Jufriadi, S. Si., M. Si. - Nama Orang; Dr. H. Sudi Dul Aji, M.Si, - Nama Orang;

Fisika dipandang sebagai suatu proses dan sekaligus produk sehingga dalam pembelajarannya harus mempertimbangkan strategi atau metode pembelajaran yang salah satunya melalui kegiatan demonstrasi dan praktek. Problem based learning merupakan pembelajaran yang diperoleh melalui proses menuju pemahaman akan resolusi suatu masalah.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kualitas penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIIIC SMP Negeri 3 Kepanjen (2) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar fisika siswa setelah penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis demonstrasi (3) Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar fisika siswa setelah penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis demonstrasi.
Berdasarkan analisis penelitian hasil Keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I 85.3% berada pada kualifikasi baik dan pada siklus II 94,1% berada pada kualifikasi sangat baik. Dari persentasi aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 62,7% berada pada kualifikasi cukup baik, sedangkan pada siklus II 77,2% berada pada kualifikasi baik. Dari data persentasi keterlaksanaan pembelajaran dan keaktifan siswa dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan.
Model pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis demonstrai dapat meningkatkan prestasi belajar fisika, ini dilihat dari prestasi belajar rata-rata pada siklus I adalah 75,1 berada pada kualifikasi baik sedangkan pada siklus II 80,1 berada pada kualifikasi baik. Di lihat dari persentasi ketuntasan belajar pada siklus I 77,1%, dan siklus II 86,1% mengalami peningkatan.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penelitian Model pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis demonstrai dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIIIC SMP Negeri 3 Kepanjen


Ketersediaan
2124569/SB/2017KKI 530 KOL p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 KOL p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2016
Deskripsi Fisik
ii-173 hlm,29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Prestasi Belajar
Problem Based Learning
Aktivitas
Skripsi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik