Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 12 dan 14 November 2009 pada kelas VII-I di SMP Islam Ma’arif 02 malang diketahui bahwa kelas ini mendapatkan nilai rendah dan siswa cender…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi kerja guru di SLTP Achmad Yani Turen, Kabupaten Malang; (2) pengaruh kualitas kepemimpinan kepala sekolah dalam persepsi guru di SLT…
Model pembelajaran Problem Based Learning, proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan permasalahan yang sedang berkembang, khususnya permasalahan ekonomi untuk dihadirkan di kelas sebagai med…
Pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) adalah suatu pendekatan pembelajaran kooperatif yang mengajak siswa untuk berfikir (Think), berpasangan (Pair), berbagi (Share). Dimana guru memb…
Numbered Head Together adalah suatu pendekatan yang dikembangkan oleh Specer Kagen untuk melibatkan banyak siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mer…
Pendidikan Merupakan Suatu Usaha Yang Dilakukan Untuk Mempersiapkan Peserta Didik Agar Selalu Dapat Berperan Aktif Dan Positif Dalam Kehidupannya. Pendidikan Di Sekolah Merupakan Pendidikan Lanjuta…
Pemilihan pendekatan dan metode pembelajaran yang tepat merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan kualitas proses pembelajaran. Secara efektif dan efisien proses pembelajaran yang sesua…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran menggunakan metode kooperatif tipe CIRC melalui penyusunan peta konsep dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dari pada melalui peta…
Penelitian ini bertolak dari hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan peneliti sehingga ditemukan adanya permasalahan mengenai rendahnya motivasi belajar dan prestasi belajar pada mata pe…
Berdasarkan hasil observasi di kelas X-A di SMK PGRI Pakisaji yaitu menerapkan metode pembelajaran ceramah dan pemberian tugas. Tetapi upaya yang dilakukan ini kurang begitu optimal. Menurut hasil …