Berdasarkan hasil observasi di kelas X-A di SMK PGRI Pakisaji yaitu menerapkan metode pembelajaran ceramah dan pemberian tugas. Tetapi upaya yang dilakukan ini kurang begitu optimal. Menurut hasil …
Berdasarkan hasil observasi di kelas VIII A SMP Nasional Malang menunjukkan adanya beberapa permasalahan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran sudah menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi…
Proses pembelajaran di kelas sering kali dijumpai adanya kecenderungan siswa yang tidak mau bertanya pada guru meskipun sebenarnya belum mengerti materi yang diajarkan oleh guru. Pada pembelajaran …
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika materi barisan dan deret aritmatika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada si…
Masalah yang mempengaruhi hasil belajar siswa terdapat pada proses pembelajaran matematika di kelas X SMK PGRI Pakisaji. Hal ini terbukti dari mayoritas siswa cenderung pasif, pembelajaran di rasa …
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran IPA materi Ekosistem kelas V SD Negeri 1 Gondanglegi Wetan Kabupaten Malang. P…
Pembelajaran IPA kelas V SDN Wandanpuro 04 dapat dikatakan belum berhasil, dari hasil belajar siswa masih banyak yang memperoleh nilai di bawah KKM. Hal tersebut disebabkan karena pembelajaran yang…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode numbered heads together terhadap prestasi belajar ditinjau dari motivasi belajar siswa. Peneli…
Pembelajaran Geografi yang dilakukan di SMP Negeri 3 Kepanjen Malang memiliki standar ketuntasan minimal (SKM) ≥66. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru geografi di SMP Negeri 3 Kepanjen Malan…
Masalah yang sering muncul sebagai salah satu penyebab rendahnya kualitas pembelajaran adalah penerapan model pembelajaran yang belum mampu menciptakan suasana pembelajaran yang bermakna. Prosentas…