Berdasarkan karakteristik siswa yang senang bekerjasama (berdiskusi) untuk mengerjakan LKS, maka untuk membantu meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa perlu dicobakan pembelajaran model P…
Pembelajaran PAKEM merupakan pembelajaran yang lebih mengutamakan proses daripada hasil. Pembelajaran PAKEM adalah: menyajikan masalah dalam bentuk umum, penyajian kembali masalah dalam bentuk oper…
Peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia salah satunya dilakukan dengan cara pengembangan model pembelajaran yaitu model pembelajaran yang lebih menekankan siswa untuk lebih aktif dan kreatif d…
Berdasarkan hasil oservasi, bahwa metode yang digunakan dalam pembelajaran fisika di kelas VII H SMP N 7 Malang sering menggunakan metode ceramah. Hal ini menyebabkan banyak siswa yang pasif, jaran…
Berdasarkan hasil observasi, pembelajaran Fisika kelas VIII.A SMPK MBC OHE masih bersifat teacher centered. Walaupun sudah menggunakan metode demonstrasi, LKS yang dikerjakan oleh siswa tidak dibah…
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) mengetahui perbedaan motivasi belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran Open-Ended Problem dengan model pembelajaran Konvensional, (2) meng…
Pelajaran fisika untuk sebagian besar siswa kelas VIII.D SMP Negeri 17 Malang merupakan pelajaran yang menakutkan karena banyak terdapat rumus, dan juga pembelajarannya yang membosankan, banyak sis…
Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMP Negeri 19 Malang Kelas VII-C, diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran fisika sebagian besar masih menggunakan metode konvensional. Pembelajaran fisika y…
Berdasarkan pengamatan bahwa dalam suatu lembaga pendidikan, prestasi belajar merupakan indikator yang penting untuk mengukur keberhasilan proses belajar mengajar. Akan tetapi tidak bisa dipungkiri…