Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Menggunakan Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Keaktivan Dan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 23 Malang Tahun Ajaran 2016/2017
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa SMP Negeri 23 Malang melalui model pembelajaran kooperatif dengan metode talking stick. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dengan pokok materi pesawat sederhana. Siklus pertama dengan sub materi Tuas dan bidang miring dan siklus kedua dengan sub materi katrol dan goda gir. Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 di kelas VIII-7 SMP Negeri 23 Malang. Subjek peneliti adalah siswa kelas VIII-7 yang berjumlah 35 siswa.
Pada penelititan ini menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan metode talking stick, pembelajaran dengan menggunakan metode talking stickdi awali dengan tahap persiapan pembelajaran yaitu memberikan motivasi, apersepsi dan tujuan pembelajaran, kemudian tahap penyampaian materi pembelajaran, pembagaian kelompok secara heterogen dan penyajian materi pembelajaran secara berkelompok, tahap pemeriksaan hasil diskusi dengan metode talking stick, tahap mengerjakan soal secara individu dan memberikan penghargaan kepada kelompok dan individu.
Berdasarkan hasil analisis penelitian keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I adalah 77,2% dan pada siklus II adalah 87,8%, sehingga kualitas pembelajaran berapa pada kriteria baik. Dari persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 63,8% dan pada siklus II adalah 86,6% dan mengalami peningkatan. Persentasi prestasi belajar siswa pada pra siklus adalah 42,9%, siklus I adalah 73,6% dan pada siklus II adalah 82,3% sehingga prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Berdasarkan penelitian ini dapat di simpulkan bahwaModel pembelajaran kooperatif dengan menggunakan metode Talking stickdapat meningkatkan aktivitas dan prestasi siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 23 Malang.
2125798/SB/2017 | KKI 530 TUL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain