Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII E SMP Budi Mulia Pakisaji

Electronic Resource

Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII E SMP Budi Mulia Pakisaji

Pius Parung - Nama Orang; Riski Nur Istiqomah D, M.Si - Nama Orang; Nur Farida, M.Pd - Nama Orang;

Pembelajaran matematika memiliki peranan penting sebagai salah satu kegiatan dalam memperoleh ilmu pengetahuan yang menjadi pendukung bagi kemajuan dan kesejahteraan individu dan suatu bangsa. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan pendekatan cooperative learning yang menenkankan pada aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling membantu dalam mencapai prestasi yang maksimal. Disamping itu, siswa dimungkinkan untuk mengungkapkan ide atau pendapatnya dalam diskusi kelompok sehingga akan terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga suasana belajar akan lebih bermakna.
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas pemukaan dan volume limas. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIII E SMP Budi Mulia Pakisaji tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 31 siswa.
Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah peningkatan nilai tes pada siklus I, dan Siklus II, lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II. Nilai tes pada siklus I yang didapat siswa dalam persen adalah 70,96% sedangkan pada siklus II adalah 90,32%. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mencapai kriteria keberhasilan 72,5%, hasil observasi aktivitas siswa mencapai 65%. Sedangkan pada siklus II menunjukkan kriteria keberhasilan guru 90% dan keberhasilan siswa 85%. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa siswa telah mencapai ketuntasan belajar.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Budi Mulia Pakisaji. Dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: (1) menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa, (2) menyajikan materi, (3) mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok belajar, (4) membimbing siswa dalam menyelesaikan LKPD, (5) evaluasi, (6) memberikan penghargaan. Khusus bagi peneliti yang akan melaksanakan penerapan pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (STAD) selanjutnya agar memperhatikan alokasi waktu dengan baik, menyiapkan observer yang cukup dan teliti. Bagi guru atau peneliti supaya dalam pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD harus memperhatikan alokasi waktu dengan baik agar pelaksanaan pembelajaran berlangsung secara efektif


Ketersediaan
2132367/SB/2020KKI 510 PAR p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 PAR p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
vii, 117 Hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Pembelajaran kooperatif STAD
Skripsi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik