Permasalahan kurang beraninya peserta didik untuk mengungkapkan kesulitan yang dialaminya kepada guru dalam memahami materi yang diajarkan, sehingga peserta didik bersifat pasif dalam menerima mate…
Pengamatan dan wawancara dengan guru matematika di SMPK Pancasila Mojorejo, diketahui bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang digunakan masih berisi soal-soal yang bersifat monoton dan belum s…
Proses pembelajaran matematika masih banyak yang bersifat ‘teacher centered’ sehingga proses pembelajaran terkesan monoton dan kurang menyenangkan sehingga berpengaruh pada kemampuan berpikir k…
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-book berdasarkan aspek kelayakan, kepraktisan dan keefektifan. E-book ini merupakan sebuah media pembelajaran yang menyajikan ilmu pengetahuan dan bis…
Adanya soal pemecahan masalah pada buku matematika K13 yakni sebesar 33,64% tidak selaras dengan kemampuan pemecahan masalah peserta didik di Indonesia yang terbilang rendah menurut survei PISA. Ta…
Hasil observasi di SMP Islam Diponegoro Wagir Malang diketahui bahwa nilai ulangan rata-rata kelas VII sebesar 70 pada Tahun Pelajaran 2015/2016. Nilai yang tergolong masih cukup rendah, karena yan…
Pemahaman konsep merupakan hal yang sangat penting untuk dijadikan dasar untuk berpikir dalam memecahkan permasalahan matematika maupun permasalahan sehari-hari. Dalam pembelajaran matematika guru …
Smartphone adalah telepon genggam yang dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat memudahkan seseorang dalam melakukan berbagai hal. Smartphone bisa dimiliki oleh siapapun termasuk anak-anak, dala…
Penelitian ini bertujuan untuk melihat adakah pengaruh model pembelajaran Knisley untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konseptual siswa pada materi lingkaran. Model pembelajaran Knisley dirancan…
Masalah-masalah yang mempengaruhi motivasi dan hasil belajar siswa terdapat pada Pembelajaran matematika di kelas XI IPS SMA Taman Madya Malang. Hal ini terbukti dari mayoritas siswa cenderung pasi…