Electronic Resource
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Di SMP Terpadu Turen Kabupaten Malang
Penelitian ini bertujuan untuk melihat adakah pengaruh model pembelajaran Knisley untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konseptual siswa pada materi lingkaran. Model pembelajaran Knisley dirancang untuk meningkatkan semangat siswa berpikir aktif, serta model pembelajaran Knisley didasarkan atas pengetahuan yang terstruktur dengan baik untuk mengaitkan konsep-konsep baru dengan pengetahuan dan pengalaman siswa sebelumnya.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental) dan desain penelitian menggunakan nonequivalent kontrol group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs An-Nur Bululawang dengan sampel siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa yang sama yaitu 25 siswa.Instrumen penelitian ini menggunkan soal pretest yang diberikan sebelum diberi perlakuan model pembelajaran dan soal posttest diberikan setelah diberi perlakuan model pembelajaran sesuai dengan kelompok kelas yang sudah ditentukan.
Hasil analisis data menggunakan uji-t dengan berbantuan program IBM SPSS Statistic 22 tahun 2013. Pada soal pretest diperoleh thitung < ttabel (1,426 < 2,01063) dan nilai sig. (2-tailed) > 0,05 dimana 0,160 > 0,05, sehingga dari hasil soal pretest tersebut disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan pemahaman konsep antara kelas kontrol dan kelas eksperimen pada materi lingkaran di MTs An-Nur Bululawang. Pada soal posttest diperoleh thitung > ttabel (2,105 > 2,01063) dan nilai sig. (2-tailed) < 0,05 dimana 0,041 < 0,05, sehingga dari hasil soal posttest disimpulkan bahwa ada perbedaan pemahaman konsep antara kelas kontrol dan kelas eksperimen pada materi lingkaran di MTs An-Nur Bululawang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Knisley dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konseptual siswa, serta efektif jika diterapkan dalam pembelajaran matematika siswa
2130202/SB/2019 | KKI 510 ARD a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain