Electronic Resource
Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achieviment Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VIII F SMP Kartika IV 9 Malang Tahun Ajaran 2015/2016
Pembelajaran kooperatif disusun dalam sebuah usaha untuk meningkatkan partisipasi siswa, memfasilitasi siswa dengan pengalaman sikap kepemimpinan dan membuat keputusan dalam kelompok, serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi dan belajar secara bersama- sama. Cooperative Learning tipe Student Teams Achieviment Divisions (STAD), adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang mengutamakan kerja sama, saling membantu dan memperhatikan satu sama lain untuk memahami materi pembelajaran yang diberikan, memastikan bahwa setiap anggota kelompok telah menguasai materi yang dipelajari dengan baik, siswa memiliki ketergantungan positif untuk saling membantu dalam penguasaan dan pemahaman materi pelajaran. Dalam Cooperative Learning tipe Student Teams Achieviment Divisions (STAD) terdapat kegiatan-kegiatan persiapan pembelajaran, Penyajian materi, Penempatan Siswa dalam Kelompok, Pemeriksaan Hasil Kegiatan Kelompok, Mengerjakan soal tes secara individu, pemeriksaan hasil tes, penghargaan kelompok.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar siswa dan prestasi belajar siswa kelas VIII-F SMP Kartika IV-9 Malang melalui Cooperative Learning tipe Student Teams Achieviment Divisions (STAD). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus I dengan pokok bahasan Fluida Statis, subpokok bahasan Tekanan Pada Zat Padat dan Tekanan Hidrostatis dan Siklus II pokok bahasan Fluida Statis, subpokok bahasan Hukum Pascal dan Hukum Archimedes. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 di kelasVIII-F SMP Kartika IV-9 Malang. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII-F SMP KARTIKA IV-9 Malang yang berjumlah 37 siswa.
Berdasarkan analisis hasil penelitian Keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I adalah 78,2% berada pada kualifikasi baik dan pada siklus II 88,8% berada pada kualifikasi sangat baik. Dari persentasi Aktivitas Belajar siswa pada siklus I adalah 66,1% berada pada kualifikasi cukup baik, sedangkan pada siklus II 87,9% berada pada kualifikasi baik. Dari data persentase keterlaksanaan pembelajaran dan Aktivitas Belajar siswa dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan.
Model Cooperative Learning tipe Student Teams Achieviment Divisions (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar fisika, ini dilihat dari prestasi belajar rata-rata pada siklus I adalah 73,8 berada pada kualifikasi cukup baik sedangkan pada siklus II adalah 80% berada pada kualifikasi baik. Dilihat dari persentase ketuntasan belajar pada siklus I 59,4%, dan siklus II 83,7% mengalami peningkatan. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penelitian Model Cooperative Learning tipe Student Teams Achieviment Divisions dapat meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar siswa kelas VIII-F SMP Kartika IV-9 Malang.
2124869/SB/2017 | KKI 530 TUT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain