Pembelajaran sains merupakan pembelajaran yang lebih mengutamakan proses daripada hasil. Pembelajaran Group Investigation (GI), adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang menekankan pada …
Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 17 Malang khususnya pada mata pelajaran IPA (Fisika), dari 35 siswa dalam satu kelas ada 23 siswa yang tidak bersemangat saat pelajar IPA dimulai karena di…
Analisis terhadap hasil observasi di kelas X SMK PGRI SINGOSARI selama pembelajaran Fisika berlangsung, diperoleh kesimpulan bahwa siswa kelas X-TOI 2 menilai pelajaran fisika itu sulit dimengerti …
Pembelajaran kooperatif disusun dalam sebuah usaha untuk meningkatkan partisipasi siswa, memfasilitasi siswa dengan pengalaman sikap kepemimpinan dan membuat keputusan dalam kelompok, serta memberi…
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa SMP Negeri 23 Malang melalui model pembelajaran kooperatif dengan metode talking stick. Penelitian ini menggunakan p…
Inkuiri Terbimbing merupakan model pembelajaran dimana model pembelajaran yang dalam pelaksanaannya guru memberikan atau menyediakan petunjuk/bimbingan yang luas terhadap Peserta didik pada model p…
Tujuan dari penelitian tidakan kelas ini adalah untuk meningkakan kualitas pelaksanaan pembelajaran kelas VII, meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas VII, dan untuk meningkatkan penguas…
Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMA PGRI Lawang Kelas X MIA, bahwa model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran yang konvensional (ceramah). Hal ini menyebabkan kerja ilmiah …
Berdasarkan observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran fisika di kelas VIII A SMP PGRI 01 Pakisaji dapat diketahui bahwa hanya sebagian siswa yang mendengarkan penjelasan guru, mengajukan pertanya…
Rendahnya pemahaman dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran fisika di sekolah memerlukan pendekatan pembelajaran yang tepat. Pembelajaran fisika dapat dilakukan dengan berbagai metode antara l…