Electronic Resource
Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Keaktifan Peserta Didik Melalui Metode Discovery Learning Dan Time Token Arends Pada Materi Relasi Dan Fungsi Di SMK Negeri 8 Malang
Kemampuan peserta didik yang rendah dalam menyelesaikan soal matematika yang berkaitan dengan pemahaman konsep tentunya menjadi masalah dalam pembelajaranmatematika. Berdasarkan hasil observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran matematika di SMK Negeri 8 Malang, ditemukan beberapa masalah seperti hasil belajar peserta didik yang belum memenuhi KKM, rendahnya pemahaman konsep yang dimiliki peserta didik, peserta didik yang kurang aktif ketika pembelajaran berlangsung, dan rendahnya motivasi peserta didik. Oleh karena itu untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keaktifan peserta didik peneliti memilih metode Discovery Learning dan Time Token Arends sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep dan keaktifan peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keaktifan peserta didik melalui metode Discovery Learning dan Time Token Arends pada materi relasi dan fungsi di SMK Negeri 8 Malang. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X RPL B di SMK Negeri 8 Malang yang berjumlah 31 peserta didik, 16 peserta didik perempuan dan 15 peserta didik laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yakni siklus pertama terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus kedua terdiri dari 2 kali pertemuan. Pertemuan ke-1 untuk pembelajaran dan pertemuan ke-2 untuk tes akhir siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes untuk mengukur pemahaman konsep peserta didik, pedoman observasi pelaksanaan pembelajaran melalui metode Discovery Learning, pedoaman observasi keaktifan peserta didik melalui metode Time Token Arends, pedoman wawancara, dan dokumentasi.
2121271/SB/2015 | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain