Pada proses pembelajaran matematika sangat diperlukan suasana belajar yang menyenangkan dan tidak membuat siswa sibuk sendiri dalam belajar. Kebanyakan guru mengajar menggunakan metode ceramah yang…
Masalah yang mempengaruhi hasil belajar siswa terdapat pada proses pembelajaran matematika di kelas X SMK PGRI Pakisaji. Hal ini terbukti dari mayoritas siswa cenderung pasif, pembelajaran di rasa …
Pembelajaran matematika di kelas VII SMP Panca Bhakti Pampang selama ini berlangsung dengan mengunakan metode ceramah. Guru masih dominan dalam pembelajaran sehingga siswa kurang aktif dalam mengik…
Kemampuan peserta didik yang rendah dalam menyelesaikan soal matematika yang berkaitan dengan pemahaman konsep tentunya menjadi masalah dalam pembelajaranmatematika. Berdasarkan hasil observasi ter…
Salah satu tipe model pembelajaran kooperatif adalah Snowball Throwing, merupakan pembelajaran yang diadopsi pertama kali dari game fisik dimana segumpalan salju dilempar dengan maksud memukul oran…
Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti, latar belakang penelitian ini yaitu hasil belajar matematika siswa belum mencapai KKM dikarenakan keaktifan siswa masih kurang dan tidak memperhatikan…
Fasilitas belajar adalah barang/jasa yang dapat memudahkan dan memperlancar pelaksanaan suatu usaha belajar. Gaya belajar adalah cara belajar yang dilakukan seorang siswa secara konsisten dalam men…
Kemampuan berpikir kritis merupakan aktifitas berpikir untuk memperoleh pengetahuan agar mampu menemukan jalan keluar suatu permasalahan secara tepat dan jelas. Berdasarkan pengamatan yang dilakuka…
Penanaman konsep pada siswa khususnya siswa SMP selalu mengalami hambatan yaitu (1) Berdasarkan hasil nilai ulangan harian 16 dari 29 siswa masih ada yang belum mencapai KKM(ketuntasan belajar) yan…