Electronic Resource
Efektivitas Konseling Behavioral dengan Teknik Self Management Untuk Menurunkan Prorastinasi Mahasiswa
Prokrastinasi adalah perilaku yang suka menunda-nunda mengerjakan
tugas yang telah diberikan. Perilaku ini sangat berdampak buruk bagi si pelaku
terutama peserta didik. Ia akan berdampak terhadap prestasi akademik serta
pembentukan kebiasaan belajar. Jika ini dibiarkan, maka pembentukan kebiasaan
disiplin diri akan terhambat, prestasi akademik tidak optimal dan pada kualitas
pendidikan akan menjadi rendah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1)Berapa tingkat
perilaku prokrastinasi mahasiswa prodi bimbingan dan konseling sebelum
diberikan koseling behavioral dengan teknik self management? 2)Berapa tingkat
perilaku prokrastinasi mahasiswa bimbingan dan konseling sesudah diberikan
konseling teknik behavioral self management? 3)Untuk mengetahui apakah
konseling behavioral dengan self management efektif untuk menurunkan
prokrastinasi mahasiswa pada prodi bimbingan dan konseling di Universitas PGRI
Kanjuruhan Malang.
Jenis penelitian menggunakan kuantitatif dengan rancangan penelitian
exsperimen. Metode penelitian eksperimen merupakan metode penelitian yang
digunakan peneliti untuk mencari pengaruh treatment (perlakuan) tertentu.
Penelitian ini menggunkan design pre-esperimental dengan model (one group
pretest –posttest). Sample penelitian ini diambil dengan jumlah populasi sebanyak
50 orang mahasiswa dan kemudian diambil sebanyak 3 orang mahasiswa sebagai
subyek yang teridentifikasi prokrastinasi paling tinggi.
Hasil yang diperoleh dari keluaran SPSS diperoleh harga sig = (2-
tailed) yang berarti 0,0109
| SB00786S | KKI 371.4 BAH e/f | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain