Electronic Resource
Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Virtual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Smpk Frateran Celaket 21 Malang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model PBL
berbantuan media virtual untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
fisika siswa khususnya siswa SMPK Frateran Celaket 21 Malang. Pendekatan
dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas.
Penelitian ini dilakukan di SMPK Frateran Celaket 21 Malang yang
terletak di Jl. Jaksa Agung No.21, Samaan, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa
Timur.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPK Frateran Celaket 21
Malang yang berjumlah 23 siswa yang sedang menempuh mata pelajaran IPA
semester genap tahun pelajaran 2022/2023.
Kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik di kelas ini tergolong
rendah, hal ini ditandai dengan kesulitan yang dihadapi peserta didik dalam
mengaplikasikan pengetahuannya untuk menyelesaikan suatu permasalahan
fisika. Hasil wawancara dengan seorang guru mata pelajaran fisika mengatakan
bahwa hal tersebut karena peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami
maksud soal, masih banyak siswa yang tidak menghafal rumus bahkan tidak
mengetahui rumus sama sekali hingga hal ini membuat kemampuan pemecahan
masalah fisika siswa tidak meningkat.
| SB00632S | KKI 530 RAS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain