Electronic Resource
Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Peluang Kelas VIII Berdasarkan Gender
Penelitian dilatar belakangi dengan observasi di lapangan menunjukkan
siswa perempuan maupun laki-laki belum sepenuhnya antusias dalam
pembelajaran, mereka belum bisa mengembangkan kemampuan berfikir dalam
memahami dan mengaplikasikan konsep materi peluang. Tampak banyak siswa
melakukan kesalahan mengerjakan soal cerita peluang. Penelitian bertujuan untuk
menganalisis kesalahan siswa menyelesaikan soal cerita peluang berdasarkan
gender. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan
deskriptif. Sumber data penelitian adalah siswa kelas VIIIB SMP PGRI 6 Malang
sebanyak 23 siswa lalu mengambil 8 subjek penelitian dengan pemilihan 4 gender
perempuan dan 4 gender laki-laki. Prosedur pengumpulan data melalui tes tertulis,
wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan
triangulasi teknik. Tahapan analisi data adalah reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan
| SB00618S | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain