Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Problem 
Based Learning (PBL), Suasana Kelas dan Konsentrasi Belajar Terhadap 
Hasil Belajar Siswa Kelas VIII G dan H Pada Mata Pelajaran IPS 
Terpadu Di SMP Negeri 12 Malang

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Suasana Kelas dan Konsentrasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII G dan H Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 12 Malang

Margaretha Priska Dwiyati - Nama Orang; Dr. Ninik Indawati, M.Pd. - Nama Orang; Dr Riril Mardiana F, M.M - Nama Orang;

Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam menghasilkan
kualitas sumber daya manusia yang berkompetensi karena dalam pendidikan
individu akan diproses menjadi manusia yang memiliki sumber daya yang
bermutu. Pendidikan menjadi sebuah pengetahuan yang dapat dipelajari
sehingga kita dapat berpikir secara rasional dalam menyikapi setiap
permasalahan yang ada dan mendapatkan hasil dan tujuan yang diinginkan.
Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Problem Based Learning (PBL), suasana kelas dan konsentrasi belajar terhadap
hasil belajar siswa kelas VIII G dan H pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP
Negeri 12 Malang tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian ini menggunakan
metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini termasuk dalam penelitian ex post
facto, berhubungan dengan variabel yang telah terjadi dan tidak perlu
memberikan perlakuan terhadap variabel yang diteliti. Teknik pengumpulkan
data dalam penelitian ini kusioner atau angket dan dokumentasi. Populasi dalam
penelitian ini siswa kelas VIII G dan H dengan jumlah sebanyak 63 orang.
Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik studi sensus, sehingga
seluruh populasi dijadikan subyek penelitian yaitu sebanyak 63 orang. Teknik
penarikan data menggunakan kuesioner dengan skala pengukuran instrumen
mengunakan skala likert lima tingkat dan teknik analisis data yang digunakan
menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan
bahwa: 1) Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh
positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap hasil belajar
siswa. 2) Suasana kelas berpengaruh positif dan signifikan baik secara parsial
maupun simultan terhadap hasil belajar siswa. 3) Konsentrasi belajar
berpengaruh negatif terhadap hasil belajar siswa


Ketersediaan
SB00573SKKI 371.657 DWI p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 371.657 DWI p/s
Penerbit
Malang : Prodi Pend. Ekonomi Unikama., 2023
Deskripsi Fisik
xiv, 103hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.657
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Problem Based Learning
Skripsi
Konsentrasi Belajar
Pend. Ekonomi
Suasana kelas
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik