Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Suasana Kelas dan Konsentrasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII G dan H Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 12 Malang
Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam menghasilkan
kualitas sumber daya manusia yang berkompetensi karena dalam pendidikan
individu akan diproses menjadi manusia yang memiliki sumber daya yang
bermutu. Pendidikan menjadi sebuah pengetahuan yang dapat dipelajari
sehingga kita dapat berpikir secara rasional dalam menyikapi setiap
permasalahan yang ada dan mendapatkan hasil dan tujuan yang diinginkan.
Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Problem Based Learning (PBL), suasana kelas dan konsentrasi belajar terhadap
hasil belajar siswa kelas VIII G dan H pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP
Negeri 12 Malang tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian ini menggunakan
metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini termasuk dalam penelitian ex post
facto, berhubungan dengan variabel yang telah terjadi dan tidak perlu
memberikan perlakuan terhadap variabel yang diteliti. Teknik pengumpulkan
data dalam penelitian ini kusioner atau angket dan dokumentasi. Populasi dalam
penelitian ini siswa kelas VIII G dan H dengan jumlah sebanyak 63 orang.
Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik studi sensus, sehingga
seluruh populasi dijadikan subyek penelitian yaitu sebanyak 63 orang. Teknik
penarikan data menggunakan kuesioner dengan skala pengukuran instrumen
mengunakan skala likert lima tingkat dan teknik analisis data yang digunakan
menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan
bahwa: 1) Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh
positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap hasil belajar
siswa. 2) Suasana kelas berpengaruh positif dan signifikan baik secara parsial
maupun simultan terhadap hasil belajar siswa. 3) Konsentrasi belajar
berpengaruh negatif terhadap hasil belajar siswa
| SB00573S | KKI 371.657 DWI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain