Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas 
VII SMP Negeri 2 Gondanglegi Dalam Menyelesaikan Masalah Perbandingan Berdasarkan Teori Pirie-Kieren

Electronic Resource

Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Gondanglegi Dalam Menyelesaikan Masalah Perbandingan Berdasarkan Teori Pirie-Kieren

Nisha Ardianty Rochma - Nama Orang; Vivi Suwanti, S.Si., M.Pd - Nama Orang; Yuniar Ika Putri Pranyata, M.Pd - Nama Orang;

Pemahaman konsep matematika menjadi dasar untuk siswa dalam belajar matematika
secara bermakna. Berdasarkan hasil observasi yang diakukan oleh peneliti, menunjukkan
bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII masih rendah terutama dalam
menyelesaikan soal perbandingan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
tingkat kemampuan pemahaman konsep siswa berdasarkan teori Pirie-Kieren. Teori PirieKieren dapat mendeskripsikan sampai pada tingkat mana kemampuan pemahaman konsep
siswa. Lapisan pemahaman dalam Teori Pirie-Kieren dimulai dari primitive knowing,
image making, image having, property noticing, formalizing, observing, structuring, dan
inventising.
Pendekatan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian
deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Gondanglegi
sebanyak 22 siswa, kemudian diambil 2 siswa berkemampuan rendah, 2 siswa
berkemampuan sedang, dan 2 siswa berkemampuan tinggi. Pengambilan data dilakukan
dengan menggunakan tes tulis, wawancara, dan observasi. Data dianalisis dengan tahap
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan
triangulasi teknik.
Dapat disimpulkan bahwa siswa dengan kemampuan pemahaman konsep rendah
masih kurang dalam menyelesaikan soal perbandingan yang sudah dihubungkan dengan
kehidupan sehari-hari, siswa dengan kemampuan pemahaman konsep rendah masih kurang
saat pengaplikasian ke dalam bentuk matematika, sehingga siswa dengan kemampuan
pemahaman konsep rendah masih berada pada lapisan Image Having. Untuk siswa dengan
kemampuan pemahaman konsep sedang mampu memahami konsep, membuat penyelesian
dan mampu dalam mengkaitkan antar konsep matematika dalam menyelesaikan soal yang
diberikan walaupun belum semuanya, oleh karena itu siswa kategori sedang sudah berada
pada lapisan Observing. Sedangkan untuk siswa dengan kemampuan pemahaman konsep
tinggi, satu siswa masih berada pada lapisan Sturcturing dan satu siswa dengan kemampuan
pemahaman konsep tinggi lainnya sudah berada pada lapisan paling luar yaitu Inventising,
siswa dengan kemampuan pemahaman konsep tinggi mampu memenuhi semua indikator
kemampuan pemahaman konsep yang ada, hanya saja siswa dengan kemampuan
pemahaman konsep tinggi kurang teliti dengan hitungannya dan siswa dengan kemampuan
pemahaman konsep tinggi mempunyai kemampuan pemahaman konsep yang lebih baik
dibandingkan dengan siswa yang berkemampuan rendah dan sedang. Adapun perbedaan
antara siswa dengan kemampuan pemahaman konsep sedang dan tinggi yaitu mengalami
folding back, folding back terjadi ketika siswa melengkapi pemahamannya yang kurang
pada level tertentu dalam teori Pirie-Kieren. Diharapkan guru dapat mempertimbangkan
hasil penelitian ini untuk menjadi acuan untuk menerapkan model atau metode
pembelajaran agar dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa.


Ketersediaan
SB00564SKKI 510 ROC a/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 ROC a/s
Penerbit
Malang : Prodi Pend. Matematika Unikama., 2022
Deskripsi Fisik
xvii, 145hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
perbandingan
Kemampuan Pemahaman Konsep
Skripsi
Pend. Matematika
Teori Pirie-Kieren
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik