Electronic Resource
Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Simulasi Media Tembang Dolanan dan Tembang Macapat Gambuh Untuk Meningkatkan Empati Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tajinan
an terhadap orang lain dalam kehidupannya. Pada saat ini, sikap gotongroyong dan tolong menolong cenderung menurun, bahkan bersikap acuh terhadap
keadaan dan lingkungan sekitar. Tentunya hal tersebut berkaitan dengan sikap
empati yang dimiliki seseorang semakin menurun. Empati merupakan sikap utama
manusia yang melibatkan proses psikologis dan rasa kecenderungan perspektif,
serta merasakan sebuah rasa yang sama dengan apa yang dirasakan oleh orang
lain melalui emosi dan tindakan yang dilakukan. Empati yang rendah dapat
menciptakan kepribadian yang individual, tidak peduli, tidak memiliki belas
kasih, tempramental, dan banyak hal yang kurang baik akibat dari sikap empati
yang rendah. Adapun indikator empati adalah perspective taking, fantacy,
emphatic concern, dan personal distress.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan layanan
bimbingan kelompok teknik simulasi media tembang dolanan dan tembang
macapat gambuh untuk meningkatkan empati siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Tajinan. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan jenis one group
Pre-test dan Post-test, dengan teknik pengambilan sampel random sampling.
Subjek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 11 siswa yang diperoleh
berdasarkan hasil Pre-test. Instrumen penelitian ini menggunakan skala empati
Interpersonal Reactivity Index (IRI). Analisis data ini menggunakan statistic non
parametric dengan uji jenjang bertanda wilcoxon (Wilcoxon Signed Rank Test)
yang diolah dengan bantuan SPSS 25 for windows. Hasil dari perhitungan
berdasarkan output test statistic bernilai 0,003 dengan probabilitas < 0,05 maka
H1 diterima.
Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan
tingkat empati Pre-test bernilai 50 dengan data Post-test sebesar 113. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa bimbingan kelompok teknik permainan simulasi media tembang
dolanan dan tembang macapat gambuh efektif untuk meningkatkan empati siswa kelas
VIII SMP Negeri 1 Tajinan. Terdapat temuan dalam penelitian ini yakni penggunaan
media tembang macapat gambuh yang dikembangkan oleh peneliti, meningkatnya
kepekaan sosial (social sensitivity) pada siswa, .
Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian
bimbingan kelompok teknik permainan simulasi media tembang dolnana dan
tembang macapat efektif untuk meningkatkan empati siswa. Adapun saran untuk
peneliti selanjutnya agar penelitian ini tidak berhenti hanya sampai di laporan
saja, akan tetapi sampai pada tahap publikasi penelitian.
| SB00484S | KKI 371.4 SET e/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain