Electronic Resource
Pengembangan Modul Elektronik Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat Berbasis Masalah Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Matematika sebagai salah satu ilmu dasar yang esensial dalam
kehidupan sehari-hari; salah satu materi matematika adalah perkalian dan
pembagian. Perkalian dan pembagian merupakan dasar matematika dimana
peserta didik harus menguasainya. Namun masih banyak kita jumpai anak- anak
kurang meguasai materi tersebut, terlebih akibat pandemi selama 2 tahun
kemampuan kognitif anak juga menurun dan lebih senang bermain handphone.
Berdasarkan hal tersebut penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menghasilkan
Modul Elektronik Berbasis Kontekstual yang dapat meningkatkan pemahaman
dan keaktifan siswa pada materi perkalian dan pembagian serta mengetahui
tingkat kelayakan, kepraktisan dan keefektifan dalam pembelajaran di kelas IV
Sekolah Dasar.
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan dengan
desain ADDIE, terdiri dari lima tahap, yakni: 1) Analisis (analyze),
2) Perancangan (design), 3) Pengembangan (development), 4) Implementasi
(implementation) dan 5) Evaluasi (evaluation). Pengumpulan data dilakukan
dengan memberikan angket validasi kepada dosen ahli materi, ahli media dan ahli
bahasa untuk melihat kelayakan video pembelajaran, angket kepraktisan guru
kelas dan angket respon siswa untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan
modul elektronik in. Teknik analisis data yang digunakan ialah kualitatif dan
kuantitatif menggunakanangket.
| SB00471S | KKI 372 WUL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain