Electronic Resource
Efektifitas Konseling Individual pendekatan cognitive behavioral therapi teknik restrukturisasi kognitif untuk menurunkan kecemasan berbicara didepan kelas pada siswa SMP Negri 2 Wagir
Kecemasan berbicara didepan kelas merupakan perasaan takut yang
dialami oleh peserta didik yang ditandai dengan adanya perasaan tegang, gugup,
ketakutan berupa perasaan negatif dalam melakukan komunikasi didepan
kelas,baik peserta didik yang memiliki kemampuan berfikir yang matang ,maupun
peserta didik yang kurang memiliki gagasan atau pun pemikiran yang matang.
Kecemasan berbicara di depan kelas yang dialami oleh peserta didik khususnya
pada peserta didik kelas VIII. Peserta didik yang mengalami hal tersebut
ditunjukkan dengan adanya peserta didik yang terlihat gugup saat berbicara,
gemetar saat berdiri di depan kelas, terlihat tidak tenang ketika berdiri di depan
kelas, atau diam ketika diberikan pertanyaan bahkan ada beberapa peserta didik
yang tidak masuk karena untuk menghindari tampil presentasi , masalah tersebut
tentunya berasal dari pikiran pikiran siswa yang negatif yaitu terlalu memikirkan
hal hal yang berlebihan,atupun karena siswa tersebut memiliki pengalaman yang
sama dengan situasi yang sama sehingga selalu menganggap dirinya tidak mampu
atau dapat mengulang kembali hal negatif yang perna menimpa dirinya, Siswa
SMP N 2 Wagir yang memiliki kecemasan berbicara didepan kelas yang tinggi
perlu diberikan bantuan berupah layanan bimbingan dan konseling yang dapat
digunakan untuk menurunkan kecemasan berbicara di depan kelas, salah satunya
adalah pendekatan Cognitive Behavioral Therapi teknik restrukturisasi
kognitif.Teknik restrukturisasi kognitif adalah teknik yang menghasilkan
kebiasaan baru pada konseli dalam berfikir, merasa, bertindak dengan cara
mengidentifikasi kebiasaan bermasalah, memberi label pada kebiasaan tersebut,
dan menggantikan tanggapan/perspsi diri yang negatif/irasional menjadi lebih
rasional/relistis.
Penelitian ini bertujuan untuk m engetahui Efektifitas Konseling
Individiual dengan pendekatan Cognitive Behavioral Therapi teknik restrukturisasi
cognitif untuk menurunkan kecemasan berbicara didepan kelas pada siswa SMP N
2 Wagir Metode penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest
Design, subjek penelitian adalah 5 siswa yang mempunyai kecemasan berbicara
yang tinggi Dengan menggunakan skala kecemasan berbicara didepan kelas serta
pedoman treatment konseling individual
| SB00440S | KKI 371.4 KUR e/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain