Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Strategi Multiple Game dengan Media Kartu 
Garufta untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I di SD Mutiara Harapan Lawang

Electronic Resource

Penerapan Strategi Multiple Game dengan Media Kartu Garufta untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I di SD Mutiara Harapan Lawang

Novia Nur Arisa - Nama Orang; Nury Yuniasih, M. Pd. - Nama Orang; Nyamik Sesanti Rahayu, M.Pd - Nama Orang;

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan proses
pembelajaran membaca permulaan serta meningkatkan kemampuan membaca
permulaan dengan Penerapan Strategi Multiple Game dengan Media Kartu
Garufta untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan siswa kelas I SD
Mutiara Harapan Lawang. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini didesain
dalam dua siklus. Prosedur dalam setiap siklus mencakup tahap-tahap:
perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Keefektifan
tindakan pada setiap siklus diukur dari hasil observasi dan tes kemampuan
membaca. Data hasil observasi dideskripsikan, diinterprestasikan, kemudian
direfleksi untuk menentukan tindakan perbaikan pada siklus berikutnya.
Sementara itu data hasil tes kemampuan membaca dianalisis dengan cara
mendeskripsikan antar siklus hingga hasilnya dapat mencapai batas tuntas sesuai
dengan indikator kinerja, yaitu minimal 80% siswa dapat mengikuti pembelajaran
dengan baik dan memperoleh nilai 76 atau lebih sebagai batas tuntas kemampuan
membaca. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus diperoleh
hasil bahwa rerata hasil observasi terhadap aktivitas siswa pada siklus I pada
siklus II sudah menunjukkan kemajuan dalam kemampuan membaca permulaan
karena membaca permulaan siswa pada kondisi awal rata rata siswa kurang dari
76, dimana sebagai acuan KKM di SD Mutiara Harapan setelah adanya penerapan
tingkat. Berdasarkan tindakan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa melalui
Penerapan Strategi Multiple Game dengan Media Garufta dapat meningkatkan
proses pembelajaran membaca permulaan dan kemampuan membaca permulaan
siswa kelas I SD Mutiara Harapan Lawang Kecamatan Lawang Kabupaten
Malang semester I tahun pelajaran 2021/2022.


Ketersediaan
SB00430SKKI 372 ARI p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 ARI p/s
Penerbit
Malang : Program Studi PGSD Unikama., 2021
Deskripsi Fisik
xiii, 72hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Stategi Multiple Game
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik