Electronic Resource
Penerapan Strategi Multiple Game dengan Media Kartu Garufta untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I di SD Mutiara Harapan Lawang
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan proses
pembelajaran membaca permulaan serta meningkatkan kemampuan membaca
permulaan dengan Penerapan Strategi Multiple Game dengan Media Kartu
Garufta untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan siswa kelas I SD
Mutiara Harapan Lawang. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini didesain
dalam dua siklus. Prosedur dalam setiap siklus mencakup tahap-tahap:
perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Keefektifan
tindakan pada setiap siklus diukur dari hasil observasi dan tes kemampuan
membaca. Data hasil observasi dideskripsikan, diinterprestasikan, kemudian
direfleksi untuk menentukan tindakan perbaikan pada siklus berikutnya.
Sementara itu data hasil tes kemampuan membaca dianalisis dengan cara
mendeskripsikan antar siklus hingga hasilnya dapat mencapai batas tuntas sesuai
dengan indikator kinerja, yaitu minimal 80% siswa dapat mengikuti pembelajaran
dengan baik dan memperoleh nilai 76 atau lebih sebagai batas tuntas kemampuan
membaca. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus diperoleh
hasil bahwa rerata hasil observasi terhadap aktivitas siswa pada siklus I pada
siklus II sudah menunjukkan kemajuan dalam kemampuan membaca permulaan
karena membaca permulaan siswa pada kondisi awal rata rata siswa kurang dari
76, dimana sebagai acuan KKM di SD Mutiara Harapan setelah adanya penerapan
tingkat. Berdasarkan tindakan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa melalui
Penerapan Strategi Multiple Game dengan Media Garufta dapat meningkatkan
proses pembelajaran membaca permulaan dan kemampuan membaca permulaan
siswa kelas I SD Mutiara Harapan Lawang Kecamatan Lawang Kabupaten
Malang semester I tahun pelajaran 2021/2022.
| SB00430S | KKI 372 ARI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain