Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Media Pembelajaran Matematika
Electronic Snake And Ladder Pada Game-Based Learning Untuk
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP

Electronic Resource

Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Electronic Snake And Ladder Pada Game-Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP

Arif Achmad Syaikhu - Nama Orang; Trija Fayeldi, M.Si - Nama Orang; Yuniar Ika Putri Pranyata, M.Pd - Nama Orang;

Matematika adalah ilmu universal yang merupakan dasar dari
pengembangan teknologi modern, matematika juga memiliki peran penting dalam
berbagai bidang ilmu dan pengembangan pemikiran manusia. Keterampilan
matematika sejak dini sangat dibutuhkan untuk menghasilkan dan menguasai
teknologi di masa depan. Peran matematika sangat berpengaruh dalam pendidikan,
akan tetapi beberapa masalah yang ditemui dalam penelitian ini adalah rendahnya
motivasi siswa karena kurangnya media pembelajaran yang dikembangkan oleh
guru mata pelajaran dan kurangnya pemanfaatan fasilitas belajar berupa
laboratorium komputer. Sedangkan, jika merujuk pada perkembangan teknologi
yang semakin modern, maka hal tersebut dapat dimanfaatkan dalam kegiatan
pembelajaran. Mengacu pada hal tersebut, perlu adanya suatu pendekatan
pembelajaran inovatif yang mampu mengakomodasi kegiatan belajar menjadi lebih
menyenangkan. Pendekatan pembelajaran inovatif tersebut adalah pembelajaran
berbasis permainan (game-based learning). Game-Based Learning adalah salah
satu model pembelajaran yang memanfaatkan game edukasi sebagai media
pembelajaran. Kelebihan dari media tersebut adalah unsurnya yang menyenangkan,
siswa dapat belajar sambil bermain sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar
siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengembangkan Electronic Snake
And Ladder sebagai media pembelajaran matematika untuk siswa; (2)
Mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan Electronic Snake And
Ladder yang dikembangkan pada PC/komputer sebagai media pembelajaran
matematika untuk siswa SMP.
Penelitian ini menerapkan pendekatan Research & Development dengan
menggunakan model ADDIE yang dimulai dari tahap (1) analisis (analysis):
analisis masalah dan analisis kurikulum; (2) desain (design): merancang storyboard
dan pengumpulan bahan; (3) pengembangan (development): pengembangan game
edukasi menggunakan aplikasi Construct 2, pengembangan instrumen penelitian,
dan uji validitas; (4) implementasi (implementation): uji coba skala kecil, dan uji
coba skala besar; dan (5) evaluasi (evaluation): analisis data kuantitatif dan
kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi objek coba adalah eSnL dan yang
menjadi subjek coba adalah siswa kelas VIII A SMP Modern Al Rifa Ie


Ketersediaan
SB00284SKKI 510 SYA p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 SYA p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2023
Deskripsi Fisik
xiii, 63 hlm 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
Motivasi Belajar
Media Pembelajaran Matematika
Electronic Snake And Ladder
Game-Based Learning
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik