Text
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Contextual Teaching And Learning (Ctl) Pada Muatan Ips Kelas V Di Sdn Karangbesuki 2 Malang
Pembelajaran IPS masih kurang maksimal dalam proses pembelajaran hal
itu dikarenakan minimnya tingkat bahan ajar peserta didik dalam belajar IPS,
minimnya bahan ajar dalam pembelajaran menyebabkan peserta didik kurang
memahami materi yang diajarkan oleh guru, hal tersebut dikarenakan tampilan
bahan ajar yang kurang menarik bagi peserta didik. Bahan ajar Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD) berperan penting sebagai media pembelajaran yang
diharapkan mampu memberikan peran efektif dan efisien dalam proses
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk,
mendeskripsikan kelayakan, dan kepraktisan LKPD berbasis Contextual Teaching
And Learning (CTL) muatan IPS materi Ekosistem di SDN Karangbesuki 2
Malang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan ADDIE. Model
pengembangan ADDIE terdiri dari tahap Analisa (Analysis), Desain (Design),
Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi
(Evalution). Pada penelitian dan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) berbasis CTL ini menggunakan pengumpulan data berupa angket. Teknik
analisis data yang peneliti lakukan yaitu teknik analisis data kualitatif dan
kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis CTL memenuhi
kriteria: a) uji kelayakan memperoleh kategori “sangat layak” dengan perolehan
persentase oleh ahli media 97%, ahli materi 86%, dan ahli bahasa 77% dengan
kategori "layak"; b) uji kepraktisan memperoleh kategori “sangat praktis” dengan
hasil penilaian angket guru 88% dan hasil penilaian angket peserta didik 94%.
Peneliti berharap hasil penelitian ini dapat bermanfaat dalam memberikan sarana
pembelajaran baru bagi guru dan bagi peneliti lain dapat dijadikan sebagai acuan
untuk penelitian selanjutnya sehingga dapat menggali informasi data terkait
pengembangan produk ini.
| SB00233S | KKI 372 PRA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain