Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik
Berbasis Contextual Teaching And Learning (Ctl)
Pada Muatan Ips Kelas V Di Sdn Karangbesuki 2
Malang

Text

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Contextual Teaching And Learning (Ctl) Pada Muatan Ips Kelas V Di Sdn Karangbesuki 2 Malang

HASAN DWI PRASETIYO - Nama Orang; Dra. Siti Halimatus S, M.Pd - Nama Orang; Arief Rahman Hakim, M.Pd - Nama Orang;

Pembelajaran IPS masih kurang maksimal dalam proses pembelajaran hal
itu dikarenakan minimnya tingkat bahan ajar peserta didik dalam belajar IPS,
minimnya bahan ajar dalam pembelajaran menyebabkan peserta didik kurang
memahami materi yang diajarkan oleh guru, hal tersebut dikarenakan tampilan
bahan ajar yang kurang menarik bagi peserta didik. Bahan ajar Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD) berperan penting sebagai media pembelajaran yang
diharapkan mampu memberikan peran efektif dan efisien dalam proses
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk,
mendeskripsikan kelayakan, dan kepraktisan LKPD berbasis Contextual Teaching
And Learning (CTL) muatan IPS materi Ekosistem di SDN Karangbesuki 2
Malang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan ADDIE. Model
pengembangan ADDIE terdiri dari tahap Analisa (Analysis), Desain (Design),
Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi
(Evalution). Pada penelitian dan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) berbasis CTL ini menggunakan pengumpulan data berupa angket. Teknik
analisis data yang peneliti lakukan yaitu teknik analisis data kualitatif dan
kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis CTL memenuhi
kriteria: a) uji kelayakan memperoleh kategori “sangat layak” dengan perolehan
persentase oleh ahli media 97%, ahli materi 86%, dan ahli bahasa 77% dengan
kategori "layak"; b) uji kepraktisan memperoleh kategori “sangat praktis” dengan
hasil penilaian angket guru 88% dan hasil penilaian angket peserta didik 94%.
Peneliti berharap hasil penelitian ini dapat bermanfaat dalam memberikan sarana
pembelajaran baru bagi guru dan bagi peneliti lain dapat dijadikan sebagai acuan
untuk penelitian selanjutnya sehingga dapat menggali informasi data terkait
pengembangan produk ini.


Ketersediaan
SB00233SKKI 372 PRA p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 PRA p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2022
Deskripsi Fisik
xii, 74 hlm 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
PGSD
CTL
Skripsi
LKPD
Ekosistem
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik