Text
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Website
Masa pademi covid-19 siswa diharapkan belajar dari rumah. Siswa belajar mandiri
menggunakan buku dan LKS, karena hal tersebut guru kesulitan dalam melakukan
pembelajaran daring. Berdasarkan observasi di SMP ISLAM KEPANJEN permasalahan
yang dialami siswa adalah siswa kesulitan menerima materi khususnya bangun ruang sisi
datar, serta guru juga kesulitan dalam menyampaikan materi. Maka dari itu diperlukan
media pembelajaran yang mudah digunakan oleh siswa dalam pembelajaran yaitu media
pembelajaran bangun ruang sisi datar berbasis website. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kevalidan, kepraktisan, kefektifan dalam media pembelajaran bangun ruang
sisi datar berbasis website. Media ini juga membahas tentang materi bangun ruang sisi datar
berserta latihan soal, pembahasan, video dan efek animasi. Penelitian memiliki perbedaan
dengan penelitian sebelumnya yang terdapat pada materi bangun ruang sisi datar, tampilan
pada website, video pembelajaran dan latihan soal.
Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE. Adapun langkahlangkah pengembangan media pembelajaran ini melalui 5 tahapan: Analysis, Design,
Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini melibatkan 20 peserta didik
kelas VIII A di SMP ISLAM KEPANJEN sebagai subjek ujicoba serta dosen dan guru
sebagai validator media. Penelitian ini mengunakan angket validasi, angket respon peserta
didik, dan soal tes. Angket validasi diberikan kepada ahli media, ahli materi, dan ahli
pembelajaran. Sedangkan angket respon peserta didik dan soal tes diberikan kepada peserta
didik
Media pembelajaran pembelajaran berbasis website ini dibuat dengan
memanfaatkan sublime text sebagai penunjang pembuatan website. Pada ujicoba kelayakan
media pembelajaran berdasarkan aspek kevalidan menurut ahli media, ahli materi, dan ahli
pembelajaran menunjukan bahwa media memiliki nilai valid dengan nilai rata-rata skor
masing-masing adalah 3.50 dari ahli media, 3.53 dari ahli materi dan 3.66 dari ahli
pembelajaran. Pada ujicoba media pembelajaran berdasarkan aspek kepraktisan
mengunakan angket respon peserta didik menunjukan bahwa media pembelajaran termasuk
kategori “Praktis” dengan rata-rata 3.69 pada lapangan terbatas dan 3.66 pada ujicoba
lapangan lapangan luas. Pada ujicoba media pembelajaran berdasarkan aspek keefektifan
diperoleh dari tes hasil belajar peserta didik menunjukan bahwa peserta didik mencapai
kriteria kentuntasan minimal (KKM) di SMP ISLAM KEPANJEN dari hasil tersebut
diperoleh rata-rata ketuntasan sebesar 80% pada uji lapangan terbatas dan 81% pada
ujicoba lapangan luas sehigga diperoleh keefektifan dengan kriteria“Efektif”.Berdasarkan
hasil penelitian ini disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis website pada materi
bangun ruang sisi datar yang dikembangkan peneliti layak sebagai media pembelajaran
yang digunakan dalam proses belajar mengajar.
| SB00225S | KKI 510 KUR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain